Hendri Semaka, Alumni SMEAN Talang Padang Yang Konsisten Pelihara Budaya Lampung

oleh -17.861 views

Hendri Semaka, Seniman Muda Yang Tetap Exis Memelihara Budaya Lampung

Tanggamus–  Meskipun hidup diperantauan warga Pekon Banjar Manis Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus, masih tetap memelihara dan menjaga seni budaya lampung, dengan cara merilis lagu klasik peting tunggal Lampung, berjudul “Way Tulung Cabang Pitu” yang dibawakan oleh artis pendatang baru ‘Siti Masitoh’ dan di iringi oleh Rio Rozak.

Orang tersebut adalah Hendri Semaka, pria 42 tahun lulusan SMEAN 1 Talang Padang tahun 1996. Dengan darah seni yang diturunkan dari keluarga besarnya Hendri kembali menciptakan lagu “Way Tulung Cabang Pitu ”   pada tanggal 16 Maret 2016, dan dirilis 06 Maret 2021

Syair lagu ini mengisahkan harapan seseorang dalam penantian panjang terhadap kekasih yang jauh diseberang pulau, namun berakhir kecewa karena yang selama ini dirindukan ternyata ingkar janji.

Selain lagu  “Way Tulung Cabang Pitu ”  Hendri Semaka kembali merilis lagu Lampung pada tanggal 20 April 2021, dengan Genre yang berbeda. Kali ini lagu yang diciptakan nya bergenre musik Mixdut yang berjudul “Muli Lampung’.

Lagu ini sedikit kocak yang diaransment oleh Adi Muhtar dan Rio Rozak, yang keduanya musikus muda asal lampung yang tinggal di Tangerang dan Bekasi Jawa Barat.

Untuk lagu “Muli Lampung” ini menceritakan tentang sifat dan kecantikan gadis Lampung yang soleha. Dan untuk mendapatkan sang pujaan hatinya, sang pria rela menghabiskan kebun dan sawah yang dimilikinya.

“Saya mengakui lagu yang dirilis tahun 2021 ini masih jauh dari kata sempurna namun sesuai dengan niat dan tekad saya untuk menjaga adat budaya dan seni Lampung, Insya Allah saya akan terus berkarya menciptakan Wayak dan segata Lampung selama saya bisa” Jelasnya

Untuk itu Hendri Semaka bertekad untuk selalu memajukan dan memelihara budaya Lampung yang sekarang ini sudah mulai kurang digemari dan kurang diminati oleh generasi muda, karena terkikis oleh kemajuan jaman dan kalah dengan budaya asing.

” saya akan selalu memelihara dan memajukan seni budaya Lampung…!!! Karena saya merasa terpanggil.. maju terus seni budaya Lampung ” pungkasnya (Tn)

No More Posts Available.

No more pages to load.