Honda menyiapkan investasi sebesar US$ 65 miliar hingga 2030 untuk mengembangkan berbagai model mobil listrik

Honda menyiapkan investasi sebesar US$ 65 miliar hingga 2030 untuk mengembangkan berbagai model mobil listrik

Otomatif53 Dilihat

Honda berkomitmen mempercepat transisi menuju pasar kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). Untuk mewujudkan ambisinya ini, Honda menyiapkan investasi sebesar US$ 65 miliar hingga 2030 untuk mengembangkan berbagai model mobil listrik, serta memperkuat posisinya dalam pasar kendaraan listrik.

Dilansir dari Arena EV, Sabtu (18/5/2024), peta jalan kendaraan listrik Honda mencakup peluncuran tujuh model mobil listrik secara global, mulai dari mobil kompak hingga kendaraan yang lebih besar.

Perusahaan otomotif asal Jepang ini juga menargetkan pasar Tiongkok dengan rencana meluncurkan 10 kendaraan listrik baru pada 2027.

Seri baru Honda 0, terutama konsep Saloon, diharapkan memainkan peran kunci dalam strategi kendaraan listrik Honda. Diperkenalkan di pamerna Consumer Electronics Show (CES) pada Januari 2024, Saloon diharapkan menjadi kendaraan listrik andalan Honda.

Untuk mendukung tujuan ambisiusnya dalam kendaraan listrik, Honda membangun rantai pasokan yang kuat, termasuk kemitraan untuk baterai lithium-ion dan produksi internal dengan GS Yuasa.

Perusahaan juga berupaya mengamankan bahan baku baterai di Kanada, sehingga mengurangi ketergantungan pada pemasok eksternal. Inisiatif strategis Honda bertujuan mengurangi biaya baterai dan memastikan pasokan yang stabil untuk armada kendaraan listriknya yang terus berkembang.

Pada 2030, Honda menargetkan kendaraan listrik dan fuel cell electric vehicles (FCEVs) menyumbang 40% dari penjualan mobil globalnya, dengan target 100% pada 2040.