Honda Prospect Motor (HPM) mengungkap angka penjualan mobil merek Honda di Tanah Air sepanjang periode Januari 2024

Honda Prospect Motor (HPM) mengungkap angka penjualan mobil merek Honda di Tanah Air sepanjang periode Januari 2024

Otomatif80 Dilihat

Honda Prospect Motor (HPM) mengungkap angka penjualan mobil merek Honda di Tanah Air sepanjang periode Januari 2024. Pemegang merek kendaraan roda empat asal Jepang itu menyebut telah memasarkan 10.019 unit kendaraan pada bulan pertama 2024 ini.

Di tengah kondisi penjualan kendaraan bermotor yang cenderung lesu, jika dibandingkan kuartal pertama 2023, Honda menyebut masih mampu menarik minat konsumen dengan dua model. Kedua kendaraan yang dimaksud adalah city car Honda Brio dan varian sport utility vehicle (SUV) kompak Honda BR-V yang disebut mencapai 6.810 unit.

Secara spesifik, Brio mampu terjual sebanyak 5.186 unit sementara model HR-V tercatat sebanyak 1.624 unit. Honda menegaskan akan memanfaatkan momentum keikutsertaan dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 untuk mengerek penjualan selama kuartal pertama tahun ini.

“Kami terus memonitor perkembangan kondisi pasar untuk menyusun strategi agar dapat memenuhi permintaan konsumen terhadap model-model yang kami jual. Dengan adanya penyegaran model yang kami lakukan, serta pergelaran motorshow yang menawarkan berbagai program penjualan yang menarik, kami berharap dapat kembali menyegarkan pasar di awal tahun ini,” kata Sales & Marketing and After Sales HPM, Yusak Billy dalam keterangan kepada awak media pada Selasa (20/2/2024).

Billy menjelaskan adanya penjualan model lain seperti Honda WR-V sebesar 1.460 unit, Honda BR-V 1.131 unit, All New Honda CR-V sebanyak 351 unit, serta Honda City Hatchback RS sebanyak 131 unit. Model lain yang menyumbang penjualan selama Januari 2024 adalah Honda Mobilio, Honda City, dan Honda Accord.

Honda sendiri hadir dalam IIMS 2024 dengan membawa 16 model kendaraan, termasuk varian terbaru yang melakukan debutnya yakni New Honda BR-V N7X. Dalam pameran yang berlangsung 15 hingga 25 Februari 2024 tersebut, Honda juga menampilkan kendaraan elektrifikasi seperti Honda e, All New Honda Accord RS e:HEV serta All New Honda CR-V RS e:HEV.

Berdasarkan catatan penjualan sepanjang tahun 2023 lalu, HPM mampu mengirimkan 128.010 unit kendaraan kepada konsumen. Jika ditelaah lebih jauh, sebanyak 81.363 unit yang terjual kepada konsumen dari catatan tersebut merupakan model Honda Brio dan Honda HR-V.

Total penjualan kedua model tersebut mencapai sekitar 63,56 % dari keseluruhan pencapaian Honda di pasar Tanah Air sepanjang 2023. Sejumlah model lain yang juga mendorong angka penjualan mobil Honda di Indonesia adalah Honda WR-V, Honda BR-V, dan All New Honda CR-V.