Hong Kong akan menjadi kota pertama di Asia yang memperkenalkan dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin atau ETF Bitcoin spot

Hong Kong akan menjadi kota pertama di Asia yang memperkenalkan dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin atau ETF Bitcoin spot

Ekonomi140 Dilihat

Hong Kong akan menjadi kota pertama di Asia yang memperkenalkan dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin atau ETF Bitcoin spot yang akan diumumkan pekan depan.

Mengutip Finance Feeds Kamis (11/4/2024), pencapaian ini melampaui ekspektasi industri Bitcoin yang menginginkan peluncurannya terjadi pada akhir 2024.

Percepatan peluncuran ETF Bitcoin spot ini difasilitasi oleh regulator yang mempercepat persetujuan untuk memposisikan Hong Kong menjadi kota pertama Asia yang mengadopsi instrumen perdagangan keuangan yang terkait langsung dengan Bitcoin.

Inisiatif ini mengikuti peluncuran Bitcoin ETF pertama yang terdaftar di AS pada Januari, yang mengumpulkan arus dana masuk bersih sebesar US$ 12 miliar. Valuasi Bitcoin telah melonjak lebih dari 60% tahun ini, mencapai level tertinggi sepanjang masa di US$ 73.803 per koin pada Maret.

Permohonan peluncuran ETF telah diajukan oleh empat manajer aset dari Tiongkok daratan dan Hong Kong, termasuk unit China Asset Management, Harvest Fund Management, dan Bosera Asset Management di Hong Kong.

Meskipun permohonan ini sedang ditinjau, Komisi Sekuritas dan Berjangka (SFC) dan perusahaan terkait menahan diri untuk mengomentari masalah tersebut.

Divisi China Asset Management dan Harvest Fund Management di Hong Kong baru-baru ini menerima persetujuan untuk mengelola portofolio dengan lebih dari 10% investasi dalam aset virtual.

Meskipun ada larangan terhadap perdagangan mata uang kripto di Tiongkok daratan, lembaga keuangan luar negeri Tiongkok secara aktif berupaya untuk mengambil bagian dalam lanskap aset kripto yang sedang berkembang di Hong Kong.

Usaha Hong Kong dalam ETF mata uang kripto dimulai dengan persetujuan ETF untuk mata uang kripto berjangka pada akhir 2022. CSOP Bitcoin Futures ETF berhasil meningkatkan aset yang dikelolanya tujuh kali lipat sejak September menjadi sekitar US$ 120 juta.

Selain itu, Value Partners yang berbasis di Hong Kong mengatakan akan meluncurkan ETF Bitcoin spot untuk mengintegrasikan mata uang kripto ke dalam penawaran layanan keuangan.