I Gede Siman Sudartawa menyebut 2021 tahun penting dalam kariernya karena akan banyak kejuaraan yang diiikuti level lokal dan global

oleh -415 views

https://liveonlineradio.net/d-news-radio

 

Atlet renang andalan Indonesia, I Gede Siman Sudartawa menyebut 2021 tahun penting dalam kariernya karena akan banyak kejuaraan yang diiikuti level lokal dan global. Tahun ini terbilang akan padat karena sempat ada penundaan tahun dari yang sudah terjadwalkan.

“Sebagai atlet tentu saja bukan menjadi tekanan, ini sudah merupakan keinginan untuk memberikan yang terbaik bagi negara tempat aku tumbuh dan menjadi seperti sekarang ini,” kata Siman dalam laman kachimeshi-indonesia.com pada Minggu (21/2/2021).

Atlet asal Bali itu mengaku terus melakukan persiapan baik fisik maupun teknik baik di kolam maupun dengan cara lain. Tidak hanya itu, spesialis jarak pendek ini juga terus mengontrol nutrisi yang dibutuhkan demi menunjang performa.

“Bagi aku yang perenang jarak pendek, tentunya diperlukan ledakan tenaga agar dapat menjadi yang paling cepat. Kombinasi berat badan yang sesuai dengan postur tubuh harus ideal,” kata spesialis nomor 50 dan 100 meter gaya punggung itu yang meraih medali emas pada SEA Games 2019 lalu.

Siman juga terus mengontrol indeks masa tubuh atau Body Mass Index (BMI) agar ideal dan persentase kadar lemak dalam tubuh atau Percent Body Fat (PBF) melalui Anthropometric Test.

728×90 Leaderbord

“Kita bisa melihat sudut pandang dari pelatih dan nutrisionis olahraga juga menu makanan yang aku konsumsi melalui artikel yang terbit di kachimeshi-indonesia.com. Pola nutrisi seimbang bukan hanya untuk atlet namun juga untuk semua orang,” jelasnya.

Khusus nutrisi, Siman juga melakukan penyesuaian dengan program yang dijalankan. Keterbatasan kesempatan berlatih pada masa pandemi membuat kondisi ideal sulit terjaga.

“Saat ini aku berkonsentrasi mengembalikan kombinasi tubuh yang ideal demi pencapaian yang prima, sama seperti saat aku mencapai performa terbaik di SEA Games 2019. Targetku berat badan sekitar 72–75 kg,” kata Siman.

I Gede Siman Sudartawa adalah satu dari sejumlah atlet yang sebelumnya disiapkan untuk mendapatkan tiket ke Olimpiade Tokyo 2021. Selain Siman ada Triady Fauzi, Glen Victor Susanto, Fadlan Prawira, Farrel Armandio Tangkas dan Azzahra Permatahani.