Indonesia berpartisipasi dalam Women 7 (W7) Summit atau Konferensi Tingkat Tinggi Women 7 Group of 7 (G7) di Roma, Italia

Indonesia berpartisipasi dalam Women 7 (W7) Summit atau Konferensi Tingkat Tinggi Women 7 Group of 7 (G7) di Roma, Italia

Indonesia berpartisipasi dalam Women 7 (W7) Summit atau Konferensi Tingkat Tinggi Women 7 Group of 7 (G7) di Roma, Italia. Ini merupakan forum negara maju beranggotakan Amerika Serikat, Italia, Kanada, Britania Raya, Jepang, Jerman, dan Prancis. Dalam forum tersebut, delegasi Indonesia, Jessica Widjaja menyerukan perdamaian dunia sebagai isu utama yang diharapkan tercapai demi kebaikan perempuan.

“Setiap terjadinya konflik dunia, perempuan dan anak-anak adalah golongan orang yang sangat terdampak secara negatif. Kita harus bisa menyuarakan kedamaian sebagai satu-satunya jalan kebaikan yang bisa ditempuh,” kata Jessica dalam keterangannya, Rabu (22/5/2024).

Ia yakin, menyuarakan perdamaian dunia dari konflik di forum W7 G7 sebagai forum negara maju dunia, memiliki kekuatan besar untuk didengarkan dunia.

“Setiap detik yang dihabiskan dalam momentum ini harus berdampak sistemik terhadap perubahan yang ingin dituju. Di mana kita ingin membuat sebuah sejarah besar yang bermanfaat,” kata dia.

Ia beranggapan hubungan baik dengan negara-negara maju G7 akan memberikan dampak positif bagi Indonesia dan negara berkembang lain, khususnya dalam isu kelemahan dan diskriminasi gender.

“Bukan kebetulan bahwa Komisi Perserikatan Bangsa-Bangsa, berfokus pada pemberdayaan keuangan perempuan hal ini menjadikan mungkin bagi kita guna mengamati berbagai macam kepemimpinan dan refleksi inklusi sebagai aspek penting dari kepemimpinan yang baik di beberapa negara,” ungkapnya.

W7 Summit digelar di Roma, Italia, pada 8-9 Mei 2024. Acara ini digelar sebelum ajang G7 Leaders’ Summit yang juga digelar di Italia.  Dalam acara ini, delegasi W7 akan menyelesaikan rekomendasi kebijakan konkret untuk memajukan kesetaraan gender dalam G7 yang akan disampaikan kepada Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni. Meskipun tidak mengikat, rekomendasi-rekomendasi W7 akan dipertimbangkan oleh G7 sebagai berkontribusi pada proses pembuatan kebijakan.