Indonesia dan Jepang melakukan pertemuan 2+2 antara Menlu dan Kementerian Ketahanan

oleh -421 views

Indonesia dan Jepang melakukan pertemuan 2+2 antara menteri luar negeri (menlu) dan menteri pertahanan (menhan) kedua negara. Pertemuan antara Menlu Jepang Motegi Toshimitsu dan Menteri Pertahanan Jepang, YM Kishi Nobuo bersama Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang diadakan di Tokyo, Selasa (30/3/2021), membahas sejumlah isu termasuk situasi regional dan internasional.

Dalam pertemuan itu, Jepang meminta dukungan Indonesia dalam penyelesaian kasus penculikan warganya oleh Korea Utara (Korut). Jepang juga menyuarakan keprihatinan keras terhadap Korea Utara yang meningkatkan kemampuan nuklir dan rudal karena bertentangan dengan Resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Pihak Jepang memohon pengertian dan dukungan pihak Indonesia demi menyelesaikan masalah penculikan warga negara Jepang dengan cepat. Pihak Indonesia menyampaikan dukungan atas hal tersebut,” sebut siaran pers dari Kedutaan Besar Jepang di Jakarta , Rabu (31/3/2021).

Kasus penculikan warga Jepang oleh pihak intelijen Korut khususnya yang terjadi akhir 1970 sampai awal 1980 masih menjadi ganjalan bagi hubungan kedua negara. Pemerintah Jepang menyatakan sejak tahun 1977 sampai setidaknya 1983, agen-agen Korut telah menculik 17 warga Jepang. Bahkan, beberapa pengamat meyakini angka sebenarnya bisa lebih dari 100 orang.

Pihak Jepang juga mengecam keras atas peluncuran rudal balistik yang dilakukan Korea Utara beberapa waktu lalu.

“Keempat Menteri menegaskan sangat penting bagi Korea Utara untuk melaksanakan Resolusi Dewan Keamanan PBB secara utuh demi penghapusan seluruh senjata pemusnah massal dan rudal balistik dengan jangkauan apapun secara utuh, dapat diverifikasi, serta tidak dapat diubah,” tambah pernyataan pers Kedubes Jepang di Jakarta.

Terkait situasi Myanmar, keempat menteri juga menyuarakan keprihatinan kuat dan sepakat tetap bekerja sama secara erat. Mereka juga bertukar pendapat tentang situasi Timur Tengah.

728×90 Leaderbord