Inilah Yang Sebenarnya Perbedaan Radio Streaming dengan Podcast

oleh -158 views

Dizaman Milenial saat ini perkembangan teknologi mulai tampak pada saat pertumbuhan banyak nya merk Gadget yang kita miliki mulai yang sederhana hingga kapasitas Ram yang tinggi.

https://www.facebook.com/dipta.w.7/videos/377968103351588

Begitupun Jika anak muda di zaman dulu paling asyik kalau mendengarkan radio konvensional atau Radio yang menggunakan Kavling frekwensi FM maupun AM , Namun sejak perkembangan milenial teknologi Internet pun berkembang dengan pesat, salah satu pimpinan media transformasi multimedia Indonesia sejak tahun 2009, Bung Dipta Wiryawan yang lebih akrab dipanggil Bang Dipta Ini memberikan sedikit pengalaman nya dimana menurut beliau awal Radio streaming hadir tahun 2002 sejak itu pertumbuhan radio streaming berkembang dengan segmentasi Band Indie , lanjut beliau mengatakan bahwa dirinya pun belajar mengenal radio streaming pertama kali dengan mengikuti tim dari Radio Kuis.com yang dipimpin oleh DJ.Anggie sejak itulah Bung Dipta pun memberanikan diri berkecimpung dimedia Radio Streaming yang awalnya bernama Dradioqu.com sejak tahun 2009 hingga tahun 2018, beliau memilih dengan Segmen dalam satu portal berita terdapat Radio streaming , tujuan dari beliau memilih segmen Transformasi dua multimedia ini didasari oleh saat pembaca yang membuka website portal berita tersebut mereka juga dapat menikmati musik dan siaran yang diudarakan secara langsung.

Ditahun 2018 sampai saat ini bung Dipta bersama tim nya Bung Hartono dan Bung Amiruddin dan Bung Arya serta Bung Antari serta Almarhum Bung Sopian meneruskan perkembangan generasi radio streaming dan portal berita bernama Dnewsradio.com .

Namun saat ini anak zaman now lebih memilih podcast sebagai media hiburan media.

Apa yang membedakan antara Radio Streaming dengan Podcast, Pada dasarnya, keduanya punya fungsi yang sama, yakni media komunikasi dan hiburan yang berupa audio. Kendati demikian, keduanya punya perbedaan yang cukup signifikan lho, terus apa saja yang membedakannya ?

Disini Bung Dipta Wiryawan pun berbagi pengetahuan perbedaan antara Radio streaming biasanya disiarkan secara langsung dengan jadwal siaran yang telah ditentukan seperti tayangan televisi didukung oleh dayang pancar keseluruh dunia bahkan menghadirkan musik musik yang disesuaikan dengan pendengar dan dibawakan oleh seorang
DJ atau penyiar radio. Siaran radio streaming disiarkan tanpa batas wilayah negara karena mereka didukung oleh perangkat Internet dan gadget mereka, Nah, yang membedakan Podcast sendiri adalah penyiar harus melakukan rekording atau direkam terlebih dahulu ( dalam bentuk paket )
Siaran podcast ini dapat didengarkan kapan saja. Podcast bahkan bisa diunduh, sehingga pendengar bisa memutar siaran ulang tanpa kendala apapun.

728×90 Leaderbord

Ketika mendengarkan radio streaming , kamu cenderung untuk mendengarkan satu stasiun radio favoritmu. Di radio, kamu bisa mendengarkan musik, diskusi politik, kesehatan, pendidikan, berbagai ulasan, bahkan kuliner.

Perbedaanya, podcast hanya membahas satu topik dan konten-kontennya lebih spesifik dalam satu channel. Hal yang disajikan pun merupakan topik yang unik dan jarang dibahas seperti tips, pengalaman pribadi, kisah horor, atau curahan hati.

Dalam siaran radio, penyiar punya waktu terbatas. Hal ini karena radio memiliki banyak topik bahasan yang berbeda sehingga harus membagi waktu dalam setiap siarannya.

Sementara, podcast nggak memiliki waktu siaran karena konsep siarannya lebih bebas alias nggak bergantung pada stasiun mana pun. Penyiar podcast pun bebas menentukan waktu siaran dan durasi setiap episodenya sesuai keinginan.

Siaran radio terbilang rumit karena penyiar harus memiliki keahlian yang mumpuni dalam hal penyiaran. Topik siaran pun disesuaikan dengan stasiun radio tersebut.

Namun, di podcast, penyiar punya kebebasan untuk menentukan konten. Penyiar podcast pun cuma butuh ponsel untuk bisa siaran, berbeda dengan berbagai peranti yang dibutuhkan oleh sebuah stasuin radio.

Meski memiliki kelebihan yang lebih banyak daripada radio, ada satu kelemahan podcast nih, Millens. Kamu nggak bisa sembarangan memasukkan lagu ke dalam siaranmu karena terikat oleh hak cipta si pemilik lagu. Kendati demikian, kamu jadi punya banyak ruang untuk menghasilkan kreasi yang lebih banyak , dalam.kesempatan yang sama Bung Dipta menambah bahwa Podcast saat ini harus memiliki channel YouTube .

https://liveonlineradio.net/d-news-radio