Italia khususnya sepak bola negeri Pizza berduka atas berita meninggalnya Silvio Berlusconi

INTERNATIONAL275 Dilihat

Italia khususnya sepak bola negeri Pizza berduka atas berita meninggalnya Silvio Berlusconi. Mantan Perdana Menteri Italia yang juga pemilik sebuah perusahaan media raksasa di Italia serta pemilik klub ini meninggal dunia pada hari Senin (12/6/2023) pagi waktu setempat.

Berlusconi pantas disebut tokoh berpengaruh di Italia. Di dunia olahraga, dia merupakan pemilik klub sepak bola AC Milan antara 1986 dan 2017. Bersama Berlusconi, Milan menjadi klub raksasa Italia yang disegani.

Era Berlusconi di Milan berakhir pada April 2017 setelah dijual ke sebuah konsorsium yang dipimpin oleh pengusaha Yonghong Li senilai 740 juta euro (sekitar Rp 10,4 triliun).

Advertisement
Profil Silvio Berlusconi, Tokoh Politik Italia yang Juga Berpengaruh di Sepak Bola
Silvio Berlusconi ketika masih menguasai klub AC Milan.

Satu tahun berselang Berlusconi membeli klub AC Monza yang ketika itu bermain di Serie C. Lima tahun di bawah kendali Berlusconi, Monza akhirnya promosi ke Serie A untuk musim 2023/2024.

Di dunia politik, Berlusconi adalah pemimpin partai Forza Italia yang dibentuk tahun 1994. Dia menjadi Perdana Menteri selama tujuh bulan (10 Mei 1994 – 17 Januari 1995), tetapi pada 2001, ia kembali diangkat ke dalam jabatan itu. Sejak itu, pemerintahan Berlusconi adalah yang terlama dalam sejarah republik Italia. Pada 20 April 2005, Berlusconi menyerahkan surat pengunduran diri pemerintahannya setelah kalah dalam sejumlah pemilihan regional dan masalah-masalah internal dalam koalisinya.

Profil Silvio Berlusconi, Tokoh Politik Italia yang Juga Berpengaruh di Sepak Bola
Silvio Berlusconi bersama Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Pada 23 April 2005, ia membentuk pemerintahan baru tanpa banyak perubahan. Ia terpilih kembali tahun 2008 sampai ia mengundurkan diri dan digantikan oleh Mario Monti pada tanggal 16 November 2011.

Pada bulan Desember 2012, Berlusconi menyatakan niatnya untuk kembali memimpin partai dalam Pemilu 2013 yang akan diadakan di bulan Febuari untuk menjadi Perdana Menteri lagi. Pada 24 Juni 2013, pengadilan Italia menjatuhkan hukuman penjara selama tujuh tahun untuk Silvio Berlusconi terkait kasus hubungan seksual dengan seorang penari erotis di bawah umur.

Di dunia usaha, Berlusconi memiliki perusahaan media bernama Mediaset yang terdiri dari tiga stasiun televisi nasional yang ditonton 45% penonton TV Italia. Berlusconi juga memiliki Il Giornale, surat kabar besar dan majalah berita Panorama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *