Jajaran Koarmada II Terima Sosialisasi UNCLOS 1982

oleh -55 views

 

Dalam rangka memberikan peningkatan pemahaman dan pengetahuan tentang Hukum Laut Internasional atau _United Nations Convention On The Law_ (UNCLOS 1982), khususnya terkait dengan yurisdiksi, Zona Maritim dan Hak Lintas Wilayah, Dinas Hukum TNI Angkatan Laut atau Diskumal memberikan Sosialisasi UNCLOS 1982 kepada jajaran Koarmada II, yang digelar di Gedung Panti Tjahaya Armada , Kamis (1/4).

Adapun para peserta sosialisasi yang mengikuti langsung paparan yang disampaikan oleh Kadiskumal Laksma TNI Kresno Buntoro ini, antara lain para Asisten Pangkoarmada II, Komandan Satuan Kapal, serta para Komandan KRI yang berada di pangkalan Surabaya. Sosialisasi UNCLOS 1982 juga diikuti melalui sarana video conference oleh para perwira dari Dinas Hukum di Lanal dan Lantamal jajaran Koarmada II.

Sementara itu kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Kaskoarmada II Laksma TNI Dafit Santoso, mewakili Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan. Dilanjutkan pembacaan sambutan tertulis Pangkoarmada II yang menyampaikan bila acara ini merupakan wahana strategis untuk menyamakan misi, persepsi, dan pemahaman tentang substansi dan materi yang tercantum dalam UNCLOS 1982 sebagai langkah awal meningkatkan kualitas dan kapasitas personel dalam melaksanakan tugas di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya.

“ Melalui sosialisasi UNCLOS 1982 diharapkan para peserta mendapatkan penjelasan secara utuh dan komprehensif, sehingga tercapai kesepahaman dan kesamaan cara bertindak dalam menghadapi persoalan di lapangan kerja. Untuk itu saya minta seluruh peserta tanyakan hal-hal yang belum jelas selama ini bagi kalian, “ tegas Pangkoarmada II.

Laksda Sudihartawan juga menyampaikan jika kegiatan sosialisasi ini sejalan dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. tentang implementasi peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, yakni dalam hal ini pembekalan tentang sumber Hukum Internasional di laut.

Pada bagian lain Laksma Kresno Buntoro dalam paparannya menyampaikan beberapa poin penting terkait UNCLOS 1982 dengan perairan Yurisdiksi, Zona Maritim dan Hak Lintas Wilayah di jajaran Koarmada II yaitu mengenai Fakta : incident and cases (Aktivitas Militer di Perairan Indonesia dan ZEEI), Legal & Philosophy Background (Kedaulatan, hak berdaulat, kebebasan, batas maritim) , Prinsip Dasar Dalam Penegakan Hukum di Laut (Legal limit, use of force), dan Pengalaman Indonesia berupa praktek di lapangan.

728×90 Leaderbord

(Pen2).