Jakarta Diguyur Hujan, PLN UID Jakarta Raya Siaga Keamanan Kelistrikan

0 86

HINDARI TERPAPAR PAHAM RADIKALISME, LANTAMAL I TERIMA SOSIALISASI DARI BNPT RI

 

JAKARTA (7/10) – Menyambut musim hujan yang mulai mengguyur ibukota, GM PLN UID Jakarta Raya, M. Ikhsan Asaad, memaparkan sejumlah langkah mitigasi risiko keamanan kelistrikan pada Kamis (7/10).

Beberapa upaya preventif yang dilakukan PLN UID Jakarta Raya yaitu melakukan pemeliharaan terhadap 189 gardu distribusi yang memasok rumah pompa di tempat-tempat penting, meninggikan 62 gardu distribusi di daerah rawan banjir, serta melakukan inspeksi dan pemeliharaan terhadap kabel tegangan rendah untuk segera dilakukan perbaikan apabila terjadi anomali, terutama di lokasi yang sering digunakan untuk berteduh pada saat hujan.

PLN UID Jakarta Raya juga melengkapi rumah pompa yang telah dilengkapi dengan Automatic Change Over (ACO) sehingga apabila pasokan utama ke rumah pompa mengalami gangguan, maka pasokan listriknya akan otomatis berpindah ke pasokan cadangan sehingga rumah pompa akan tetap bisa beroperasi sebagaimana mestinya.

Selain itu PLN juga menyiapkan tim Detasemen Layanan Khusus 123 (Denyansus 123), posko siaga, ruang Disaster Recover Center, serta koordinasi dengan instansi terkait.

“Ada beberapa hal yang memaksa kami untuk memadamkan listrik, seperti jika gardu distribusi terendam, rumah pelanggan terendam, rumah pelanggan dan gardu distribusi terendam, atau jika Gardu Induk terendam. Hal ini kami lakukan demi keselamatan masyarakat bersama. Kami pun terus berkoordinasi dengan instansi terkait dalam langkah-langkah mitigasi pada musim hujan ini,” jelas M. Ikhsan Asaad, GM PLN UID Jakarta Raya, saat menjelaskan langkah pemadaman listrik demi keselamatan masyarakat.

Kepala Seksi Pengendalian BPBD Jakarta, Basuki Rakhmat, juga menjelaskan bahwa curah hujan akan mulai meningkat pada dasarian kedua Desember 2019 dan berisiko menimbulkan banjir di Jakarta.

PLN UID Jakarta Raya juga turut menyiapkan perlengkapan lain yang relevan dengan bencana banjir, seperti perahu karet. PLN UID Jakarta Raya juga bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dalam membentuk Juru Pemantau Listrik (Jumantrik) di tingkat kelurahan. Keberadaan Jumantrik diharap membantu masyarakat dalam mengetahui kelayakan instalasi listrik di rumah sehingga keamanan masyarakat juga semakin terjamin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ