Jelang HJB ke-541, PPWI Bogor Gelar ‘Sharing Session Citizen Journalism’ Bahas Soal Ini

Nasional342 Dilihat

 

Jawa Barat – Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Kabupaten Bogor mengadakan kegiatan diskusi dengan mengusung tema “Sharing Session Citizen Journalism”. Acara tersebut diadakan di Villa Tjokro, Cisarua, Kabupaten Bogor selama 2 (dua) hari berturut-turut, menjelang peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-541 yang jatuh pada Sabtu, 3 Juni 2023.

“Tahun ini, kita (PPWI Kabupaten Bogor – red) ikut memperingati HJB dengan mengadakan kegiatan ‘Sharing Session Citizen Journalism’ yang dihadiri oleh jajaran pengurus PPWI Kabupaten Bogor dan perwakilan media yang tergabung ke dalam PPWI Kabupaten Bogor,” ujar Ketua DPC PPWI Kabupaten Bogor Wiri Yutruski, Jumat, 2 Juni 2023.

Tujuan diadakannya kegiatan ini, kata Wiri, selain sebagai ajang silaturahmi antar sesama pengurus PPWI Kabupaten Bogor juga untuk menyikapi isu-isu yang berkembang di khalayak, khususnya masyarakat Kabupaten Bogor mengenai program Pancakarsa yang menjadi kontroversi. “Baru-baru ini muncul berbagai pandangan di kalangan masyarakat Kabupaten Bogor, baik di kalangan aktivis, akademisi, praktisi hukum maupun menurut pandangan media terkait program Pancakarsa yang dinilai kontroversi,” jelasnya.

Bagi segelintir kalangan, lanjut Wiri, program Pancakarsa sebagai ikon untuk mewujudkan visi Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman dan Berkeadaban, dinilai sudah efektif. Namun demikian, di sisi lainnya berpandangan program Pancakarsa dinilai belum berdampak maksimal untuk perubahan Kabupaten Bogor yang lebih baik.

“Karena adanya kontroversi mengenai program Pancakarsa tersebut, maka dari itu di hari jadi Kabupaten Bogor tahun ini kita PPWI merasa terpanggil untuk membahasnya dalam forum ini sebagai wujud mendukung visi Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman dan Berkeadaban,” tambah Wiri.

Pihaknya pun berjanji dalam waktu dekat ini akan beraudiensi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait yang ada di Kabupaten Bogor, sebagai tindaklanjut dari hasil pembahasan yang dilakukan pihaknya pada kegiatan sharing session tersebut. “Seperti kita ketahui, Pancakarsa merupakan lima tekad pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin – Iwan Setiawan, dalam menjalankan masa pengabdiannya pada 2018-2023. Nah sejalan dengan hal itu kita akan mengawal dan mengawasi implementasi dari program Pancakarsa tersebut,” katanya lagi.

Dikatakan Wiri, program Pancakarsa itu meliputi; Karsa Bogor Cerdas, Karsa Bogor Sehat, Karsa Bogor Maju, Karsa Bogor Membangun, dan Karsa Bogor Berkeadaban.

Terpisah, Ketua Umum PPWI Nasional Wilson Lalengke menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan-kegiatan positif dan inspiratif yang diadakan PPWI di berbagai daerah, termasuk yang diadakan oleh jajaran pengurus PPWI Kabupaten Bogor. “Saya tak henti-hentinya menyuarakan ke jajaran pengurus PPWI, mulai dari pengurus cabang, daerah hingga pusat agar menjalankan program kerja dengan maksimal, salah satunya ya kegiatan seperti ini, yang tentunya dapat mengawal dan mengawasi kinerja pemerintah serta membantu warga yang membutuhkan bantuan hukum dan sebagainya tanpa menghilangkan independensi-nya sebagai pengurus PPWI,” singkat Alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 itu. (Widy/Isna/Arief/Guest/PPWI Media Group)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *