Jika sinyal WiFi di rumah lemah dan Anda bingung mengenai penyebabnya

 Jika sinyal WiFi di rumah lemah dan Anda bingung mengenai penyebabnya

TEKNOLOGI215 Dilihat

Jika sinyal WiFi di rumah lemah dan Anda bingung mengenai penyebabnya, perhatikanlah jendela di dekat router WiFi. Jika Anda memiliki tirai berbahan metal di sana, maka kemungkinan itulah penyebabnya.

Dilansir dari The Sun, Jumat (30/6/2023), tirai berbahan metal ternyata dapat mengurangi kekuatan sinyal Wi-Fi Anda.

Hal ini juga berlaku untuk perangkat lain yang terbuat dari logam, seperti lemari es atau perangkat elektronik lainnya, yang dapat menghambat kecepatan internet Anda. Pasalnya gelombang radio bersifat elektromagnetik, dan logam memiliki kemampuan untuk menyerapnya.

Dengan demikian, meskipun router Wi-Fi Anda mengeluarkan sinyal dengan benar, sinyal tersebut justru diserap oleh logam di sekitarnya, bukan oleh perangkat yang Anda gunakan.

Benda-benda yang mengandung logam, seperti tirai logam, pintu, furnitur, infrastruktur, dan dinding, dapat mengganggu sinyal WiFi Anda. Semakin banyak logam yang ada antara router Anda dan perangkat yang terhubung, semakin buruk kualitas sinyal Wi-Fi.

Oleh karena itu, Anda mungkin perlu memindahkan router Anda ke tempat yang lebih strategis, di dekat jendela dengan tirai yang terbuat dari bahan non-logam, atau di ruangan lain dengan penutup jendela berbahan kain.

Meskipun mengganti tirai dengan bahan yang lebih sesuai mungkin membutuhkan biaya, hal ini akan membantu Anda menghindari pemborosan uang untuk kecepatan internet yang tidak optimal.

Area penyimpanan juga tidak ideal untuk penempatan router WiFi. Terlalu banyak kekacauan di sekitar perangkat dapat memengaruhi kualitas sinyal. Selain itu, risiko terblokirnya ventilasi router dapat menyebabkan perangkat menjadi terlalu panas. Terlalu sering panas atau meninggalkannya dalam suhu yang ekstrem dapat merusak perangkat tersebut.

Sebagai gantinya, simpan router WiFi Anda di area terbuka yang terpusat di dalam rumah, jika memungkinkan. Idealnya, perangkat harus ditempatkan di atas permukaan yang tidak bersentuhan dengan lantai. Selain benda logal, bahan beton juga sebaiknya dihindari dalam pertimbangan penempatan router.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *