Kadis Sosial DKI Jakarta Dorong Semangat Penyandang Disabilitas Berwirausaha

oleh -41 Dilihat

 

dnewsradio.com – Bogor,Puluhan anak penyandang disabilitas menjadi peserta Pelatihan Vocational Keterampilan Teknis bagi SDM Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Tahun 2019 yang digelar oleh Kementerian Koperasi dan UKM di Bogor, Jawa Barat pada Kamis (21/3).

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah, berpesan kepada para peserta agar dapat memanfaatkan kesempatan dan peluang yang ada. “Adik-adik sekalian, nanti kalian mendapatkan pelatihan. Ini akan menjadi bekal bagi adik-adik semua. Pergunakan kesempatan itu dengan baik,” ujar Irmansyah dalam sambutannya.

Lebih lanjut Irmansyah mendorong para peserta agar aktif dalam komunitas maupun membentuk sebuah komunitas. Menurutnya, dengan bergabung dalam sebuah komunitas, maka personal dari peserta akan dapat berkembang dengan sendirinya.

“Ada satu konsep dalam Islam, yaitu berjamaah. Yang dilakukan sehari-hari. Kita bisa ambil dari situ. Bagaimana membangun orang-orang menjadi pelanggan? Itulah sekarang yang dilakukan oleh usaha yang sedang berkembang. Itu kan sebetulnya membangun komunitas. Kalau sudah terbangun komunitas, produk yang ada bisa dipasarkan, segala kebutuhan bisa disharing,” papar Irmansyah.

“Bangunlah basis komunitasnya,” tambahnya.

Ia pun berpesan kepada para peserta yang hadir, agar selalu memotivasi diri sendiri dalam menempuh sebuah keinginan. “Kita jangan pernah menyerah dengan keterbatasan yang ada. Kalau bisa jadi pengusaha, kenapa harus jadi pekerja. Insya Allah dengan nanti bimbingan dari Kemenkop UKM, pasti ada kemanfaatan yang diambil,” terang Irmansyah.

Pelatihan Vocational Keterampilan Teknis bagi SDM Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk terus menggalakkan program peningkatan kualitas SDM koperasi dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah.

Kali ini, peserta yang hadir merupakan pelajar dari Yayasan Rumah Kampus Pena, sebuah Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang terakreditasi pertama di tingkat nasional. Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM)-nya telah terakreditasi A.

Turut hadir dalam acara tersebut Deputi Pengembangan SDM Rully Nuryanto dan Kepala PKK Kota Bogor Yane Ardian, yang merupakan istri Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto, serta para pengisi acara yang kompeten di bidangnya. (mar)

No More Posts Available.

No more pages to load.