Kantor Huawei Technologies di Prancis baru saja digerebek oleh jaksa keuangan

Kantor Huawei Technologies di Prancis baru saja digerebek oleh jaksa keuangan

Ekonomi184 Dilihat

Kantor Huawei Technologies di Prancis baru saja digerebek oleh jaksa keuangan. Menurut pejabat Kementerian Kehakiman Prancis, penggeledahan tersebut dilakukan karena Huawei dicurigai melakukan ‘atteinte à la probité’, sebuah istilah yang mencakup korupsi atau penyalahgunaan dana publik, dan kejahatan lainnya. Namun, dia menolak memberikan perincian lebih lanjut mengenai dugaan tindakan tersebut.

Dilansir dari Scmp, Sabtu (10/2/2024), pihak Huawei Prancis dalam keterangan resminya menyampaikan, penggeledahan tersebut terjadi pada Selasa (6/2/2024) di kantornya. Perwakilan Huawei menegaskan pihaknya telah bekerja sama sepenuhnya dalam penyelidikan kasus ini.

“Huawei telah berada di Prancis selama lebih dari 20 tahun, dan telah mematuhi semua undang-undang dan peraturan Prancis,” kata perwakilan Huawei dalam pernyataan resminya.

Situs berita Prancis l’Informe pertama kali melaporkan penyelidikan tersebut. Huawei sendiri saat ini memiliki pusat penelitian di Perancis dan sedang membangun pabrik produksi pertamanya di luar Tiongkok di sebuah kota dekat Strasbourg.

Pada Desember 2023, Co-head Huawei Prancis Zhang Minggang mengatakan kepada stasiun radio France Inter bahwa pabrik tersebut, yang akan memproduksi peralatan telekomunikasi untuk pasar Eropa, dijadwalkan dibuka pada akhir 2025 dan akan mempekerjakan 500 orang dalam jangka panjang.

Dilansir dari Gizmochina, meskipun mengalami penurunan pendapatan dalam beberapa tahun terakhir, Huawei tetap berkolaborasi dengan operator seluler Prancis untuk implementasi jaringan 5G. Namun, perusahaan ini menghadapi hambatan, termasuk pembatasan dari pemerintah Prancis terhadap partisipasinya dalam infrastruktur nirkabel negara tersebut.

Penggerebekan kantor Huawei di Prancis menyoroti perhatian dunia internasional yang lebih luas terhadap perusahaan tersebut. Dalam konteks ketegangan antara Tiongkok dan Amerika Serikat, Huawei dituduh terlibat dalam potensi spionase negara, sebuah tuduhan yang keras dikecam oleh perusahaan tersebut.

Komisi Eropa juga menyatakan keprihatinan akan risiko keamanan yang dihadirkan oleh Huawei dan perusahaan teknologi Tiongkok lainnya, memicu seruan untuk mengecualikan peralatan mereka dari jaringan seluler di Eropa.