KAPAL BANTU ANGKUT PERSONEL 971 DUKUNG PEMULANGAN SATGAS PERCEPATAN REHAB REKON LOMBOK

oleh -286 views

Jakarta, 12 Januari 2021, Satya Wira Jala Dharma. KRI Tanjung Kambani 971 mendukung 1000 personel Zeni TNI yang tergabung dalam Satgas percepatan rehab rekon tahap II tahun 2020 yang selesai melaksanakan tugas membangun ribuan rumah layak huni bagi masyarakat terdampak gempa tahun 2018 di wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kapal bantu angkut personel dibawah Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) ini akan mendukung kepulangan mereka di Dermaga Gili Mas Desa Dasan Tereng Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat baru-baru ini.
Komandan KRI Tanjung Kambani 971 Letkol Laut (P) Tri Hidayat mengatakan, kapal perang yang dikomandaninya mengangkut 1000 orang personel Satgas Zeni TNI yang terdiri dari 7 SSK Zeni TNI AD dan 3 SSK dari Zeni Korps Marinir.

Dalam proses embarkasi, tetap mengutamakan protokol kesehatan. Para prajurit yang akan masuk ke kapal melalui proses pengukuran suhu badan, SWAB, mencuci tangan serta menjaga jarak.

Sesuai instruksi Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP, M.Tr (Opsla), Operasi dukungan angkutan laut militer harus tetap mengutamakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Mulai embarkasi, saat lintas laut hingga debarkasi perhatikan dengan ketat protokol kesehatan. Jangan mengabaikan masker, cuci tangan dan menjaga jarak. Laksanakan dengan rasa tanggung jawab demi keamanan dan keselamatan semua” tegas Panglima Kolinlamil disela waktunya dari Mako Kolinlamil.

Sebagai kapal perang jenis bantu angkut personel, KRI Tanjung Kambani 971 dapat mengangkut 1500 orang dan cargo 23,6 ton dengan endurance dalam waktu yang sama.

Setelah embarkasi, KRI Tanjung Kambani 971 dan Satgas dilepas dalam upacara pelepasan yang dipimpin Koordinator Staf Ahli BNPB Mayjen TNI (Purn) Komarudin Simanjuntak, bersama Danrem 162/WB, Gubernur NTB serta unsur Forkopimda lainnya. Acara pelepasan Satgas Zeni TNI Percepatan Rehab Rekon Tahap II ini juga dihadiri Kapolda NTB (diwakili), Danlanal Mataram, Danlanud ZAM, para Kasi Korem, Kapolres dan Dandim se-Pulau Lombok serta undangan lainnya. (Dispen Kolinlamil)

728×90 Leaderbord