KAPAL PERANG BERNOMOR LAMBUNG 537 GESER SATGAS USAI PAMTAS RI – PAPUA NUGINI

oleh -307 views

 

Jakarta, 1 Februari 2021,Satya Wira Jala Dharma. KRI Teluk Manado 537 Melaksanakan embarkasi pasukan Yonif 712 Wiratama yang akan kembali pulang ke home basenya usai melaksanakan tugas pengamanan perbatasan RI – Papua Nugini di Dermaga cargo dock, Timika.

Batalion Infanteri 712 Wiratama yang bermarkas di Manado ini akan diangkut KRI Teluk Manado 537 menuju Manado, Senin (1/2).

Komandan KRI Teluk Manado 537 Letkol Laut (P) Agung Aribowo mengatakan bahwa Kapal perangnya mendukung Yonif 712 Wiratama kembali ke markasnya dengan kondisi siap, baik prajurit KRI maupun pasukan yang diangkut semua dalam keadaan kondisi baik dan sehat.

Seluruh prajurit KRI Teluk Manado 537 dan Yonif 712 Wiratama telah melalui protokol kesehatan Swab antigen dan seluruhnya dinyatakan negatif.

“KRI Teluk Manado 537 siap mendukung pelayaran Yonif 712 Wiratama yang kembali ke kampung halamannya, mudah-mudahan cuaca mendukung. Secara umum Moril prajurit/pasukan tinggi mungkin ini dipengaruhi dengan semangat karena pulang, kangen dengan keluarga dan kerabat”, jelas komandan KRI.

Batalyon Infanteri Mekanis 712/Wiratama yang selama 10 bulan melaksanakan tugas pengamanan perbatasan ini membawa 450 personel.

728×90 Leaderbord

Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP, M.Tr (Opsla) menginstruksikan unsur – unsur KRI jajaran Kolinlamil untuk selalu siap siaga melaksanakan operasi angkutan laut militer baik untuk Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Apalagi ditengah situasi terjadinya bencana alam dibeberapa daerah, membuat unsur – unsur KRI untuk lebih siap melaksanakan operasi kemanusiaan sesuai perintah Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

“Unsur – unsur KRI harus siap manakala dikerahkan untuk mendukung operasi kemanusiaan, mendistribusikan bantuan logistik maupun evakuasi terhadap korban bencana alam” ujar Panglima Kolinlamil.

KRI Teluk Manado 537 adalah salah satu kapal perang TNI Angkatan Laut jenis LST yang aktif dalam melaksanakan tugas operasi Serpas di bawah pembinaan Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil). (Dispen Kolinlamil)