KAPAL PERANG NOMOR LAMBUNG 540 SANDAR TURUNKAN SATGAS PAMTAS KALTARA, DISAMBUT BUPATI NUNUKAN

oleh -316 views

Jakarta, 6 Januari 2020.Satya Wira Jala Dharma. Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Lampung 540 yang melaksanakan operasi angkutan laut militer mendukung Satgas Pengamanan Perbatasan di perbatasan Kalimantan Utara.

Setelah tiba di Dermaga Nunukan, Kapal pendarat tank ini langsung melaksanakan debarkasi personel Satgas Pamtas Kalimantan Utara dari Batalion Arhanud 16 Sula Bhuana Cakti Divisi 3 Kostrad yang disambut Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, S.E., M.M., Rabu (6/1).

Kapal perang jenis berjenis Frosch-I/Type 108 mengangkut Satgas yang bertugas mengamankan Perbatasan (Pamtas) antara Indonesia dengan Malaysia selama kurang lebih 10 Bulan. Dalam debarkasi tersebut, KRI Teluk Lampung 540 menurunkan personel dan material satgas lainnya.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah, SH, CHRMP, M.Tr (Opsla) menyatakan pergeseran personel dan material yang dilaksanakan kapal-kapal perang Kolinlamil adalah dalam rangka Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Yang terus berlangsung mendukung pergeseran personel dan material pasukan TNI AD ke perbatasan-perbatasan diwilayah NKRI adalah dalam rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Itulah salah satu tugas pokok Kolinlamil,” jelas Panglima Kolinlamil.

Selanjutnya Pangkolinlamil melalui perintah berlayar, menginstrusikan kepada Komandan KRI agar selalu memperhatikan keamanan personel dan material, mewaspadai cuaca buruk dan menjaga moril prajurit selama pelayaran.

“Dari mulai embarkasi, lintas laut, hingga debarkasi agar tetap melaksanakan disiplin penuh dengan mentaati protokol kesehatan Covid-19 selama operasi,” tegas Panglima Kolinlamil.

728×90 Leaderbord

Sementara itu, Komandan KRI Teluk Lampung 540 Letkol Laut (P) Edi Herdiana mengatakan kapalnya berlayar dengan kondisi kapal yang siap baik secara teknis maupun Sewaco dan cuaca pun mendukung. Sesuai perintah harian Kasal, unsur-unsur KRI yang merupakan bagian sistem senjata armada terpadu tetap meningkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan yang memiliki daya gerak dan daya gempur yang tinggi.

Dan sesuai dengan instruksi Panglima Kolinlamil, saat melaksanakan operasi unsur KRI Kolinlamil menetapkan prosedur pencegahan Covid-19 dan disiplin yang tinggi, dalam pelaksanaan dukungan angkutan laut pasukan di perbatasan. Saat ini KRI Teluk Lampung 540 sandar di Dermaga Nunukan untuk persiapan mendukung penarikan pasukan yang purna tugas. (Dispen Kolinlamil)