KAPAL PERANG VETERAN PERANG DUNIA 503 TURUNKAN PASUKAN TNI AD AMANKAN DAERAH RAWAN KONFLIK HORIZONTAL

oleh -296 views

 

Jakarta, 3 Januari 2021, KRI Amboina 503 tiba di Dermaga Lantamal IX, Ambon, Maluku, Minggu (3/1). Kapal jenis angkut Tank ini mengangkut pasukan TNI-AD Yonif 734 Satria Nusa Samudera dan Yonarmed 8 Jember dalam rangka melaksanakan tugas Pengamanan daerah Rawan (Satgas Pamrahwan).

Di Dermaga Lantamal IX Ambon, KRI yang berada dibawah kendali Satlinlamil 1 Jakarta ini debarkasi prajurit Yonif 734 SNS dan material logistik yang akan bertugas diwilayah Maluku dan Maluku Utara.

Kedatangan kapal perang yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Agus Yunianto, M.Tr (Hanla) tersebut disambut langsung oleh Komandan Korem, Komandan Lantamal IX Ambon dan jajarannya yang akan menyampaikan arahan terkait tugas pengamanan daerah rawan.

Dijelaskan Komandan KRI Teluk Amboina 503, Kapal perang yang dikomandaninya dalam rangkaian dukungan angkutan laut pergeseran pasukan (Dukangla Serpas) dari Yonif 734 Satria Nusa Samudera yang melaksanakan Pengamanan Daerah Rawan Maluku tahun 2021.

“KRI Amboina 503 ini tiba di Ambon untuk melaksanakan debarkasi pasukan di Dermaga Lantamal IX Ambon, prajurit dari Yonif 734 Satria Nusa Samudera beserta peralatan,”terang alumni AAL 2002 ini.

Dalam proses debarkasi, Komandan KRI juga menekankan pentingnya pelaksanaan protokol kesehatan covid 19. Seluruh prajurit yang on board di kapal perangnya menjalani seluruh prosedur pencegahan virus covid 19, mulai Rapid test antigen, cek suhu tubuh, penyemprotan disinfektan, selama lintas laut menjaga jarak dengan physical distancing dan berjemur sinar matahari sambil berolahraga untuk menambah imun tubuh.

728×90 Leaderbord

Begitu pula ketika turun dari kapal perangnya, para prajurit disambut dinas kesehatan setempat untuk melakukan prosedur pencegahan covid 19.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah, SH., CHRMP, M.Tr (Opsla) menegaskan kepada seluruh unsur-unsur KRI Kolinlamil untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan dalam pelaksanaan operasi dukungan angkutan laut militer.

“Unsur-unsur KRI untuk selalu menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan dengan disiplin, jangan anggap remeh. Mulai berangkat hingga kembali jaga kesehatan dan waspada virus corona. Sayangi diri dan keluarga kita” tandas Panglima Kolinlamil.

Selanjutnya usai melaksanakan debarkasi, KRI Amboina 503 kembali melanjutkan lintas lautnya untuk menuju Ternate dalam rangka menurunkan Yonarmed 8 Jember. (Dispen Kolinlamil)