Kapolres Metro Jakarta Selatan (Jaksel) Kombes Pol Ade Rahmat Idnal menginstruksikan jajarannya yang bertugas di tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024

Kapolres Metro Jakarta Selatan (Jaksel) Kombes Pol Ade Rahmat Idnal menginstruksikan jajarannya yang bertugas di tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024

Diva News95 Dilihat

Kapolres Metro Jakarta Selatan (Jaksel) Kombes Pol Ade Rahmat Idnal menginstruksikan jajarannya yang bertugas di tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024 untuk menjaga netralitas dan menghindari sikap yang memihak.

“Saya ingatkan kepada semua anggota yang berjaga di TPS untuk tetap netral dan tidak terlibat dalam kegiatan yang bisa mengarah pada dukungan atau merugikan salah satu paslon atau partai politik,” ujar Ade Rahmat di Jakarta, pada Selasa (13/2/2024) dikutip dari Antara.

Ade menekankan bahwa tugas utama anggota adalah menjaga keamanan sebelum, selama, dan setelah proses pencoblosan, tanpa memihak kepada siapa pun. Dia juga menyatakan bahwa ada 631 personel gabungan dari TNI dan Polri yang bertugas menjaga keamanan TPS di Jaksel.

Dalam apel pergeseran pasukan, Kapolres Metro juga menekankan pentingnya kesiapan anggota dalam mengamankan proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

“Semua anggota harus fokus pada tugas mereka masing-masing di TPS, tanpa tergoda atau teralihkan oleh hal lain,” tambahnya.

Ade juga menegaskan pentingnya mengantisipasi potensi gangguan keamanan sebelum, selama, dan setelah penghitungan suara dilakukan. Selain itu juga pentingnya melaporkan setiap perkembangan situasi kepada pimpinan jika terjadi eskalasi di lapangan.

“Diperlukan koordinasi dan kolaborasi yang baik dengan TNI, stakeholder terkait, dan masyarakat untuk memastikan jalannya proses pemungutan suara dalam kondisi yang aman dan kondusif,” tandasnya.