Kapolres Tanggamus Launcing KTN Tingkat Kecamatan Air Naningan

oleh -253 views

 

Air Naningan – Pekon Batu Tegi Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus terpilih dijadikan pilot projek kampung tangguh nusantara (KTN) tingkat kecamatan setempat.

Terpilihnya pekon tersebut dengan sejumlah ketangguan yang meliputi pangan, UMK, pariwisata, Kamtibmas bahkan segi kesehatan masyarakat yang diketahui tidak ada yang terkonfirmasi Covid-19.

Atas terpilihnya pekon tersebut, selanjutnya dilaksankan peresmian kampung tangguh nusantara yang dilakukan oleh Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya, SIK di Aula KPH bendungan batu tegi, Sabtu (20/3/21).

Tampak dalam peresmian tersebut, Ketua MUI Tanggamus KH. A. Wahid Zamas, Kasat Binmas AKP Hi. Irfansyah Panjaitan, Kapolsek Pulau Panggung Iptu Musakir, SH. dan Camat Air Naningan Royensyah, SE. MM.

Selain itu, Danramil Pulau Panggung Diwakili oleh Pelda Wijiarto, Kakon Batu Tegi Rahmat, KUPT Kesehatan Bambang Nurwanto, S.Km, M.Kes serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda setempat.

Rangkaian peresmian meliputi pembukan, peresmian KTN dengan pemukulan gong dan pemotongan pita lalu pemberian bantuan bahan pokok kepada sejumlah warga yang diserahkan oleh Kapolres dan jajaran Uspika.

728×90 Leaderbord

Kapolres juga melakukan pengecekan hasil UKM, posko KTN, rumah isolasi serta penebaran benih ikan milik kelompok wanita tani (KWT), penanamam pohon penghijauan lahan kritis serta memberikan santunan kepada anak yatim/piatu.

Mewakili Kapolres AKBP Oni Prasetya, Kasat Binmas AKP Hi. Irfansyah Panjaitan mengungkapkan, pihaknya kembali meresmikan KTN tingkat kecamatan di kecamatan air naningan.

“Launcing KTN tingkat kecamatan air naningan di pekon batu tegu ini merupakan yang ke lima, kemudian juga akan dilauncing kecamatan lainnya yakni limau, talang padang, gisting dan gunung alip,” ungkap AKP Hi. Irfansyah Panjaitan usai kegiatan.

Menurut Kasat, tujuan pembentukan KTN dengan harapan memutus mata rantai covid-19 di kabupaten tanggamus sehingga diharapkan masyarakat mendukungnya.

“Kami harapkan masyarakat mendukung kami, TNI-Polri, kepala pekon yang telah membentuk KTN ini,” harapnya.

Ditambahkan Kasat, berdasarkan hasil pendataan bahwa batu tegi memiliki sejumlah keunggulan baik pariwisata, UKM serta usaha sampingan yang dikelola oleh KWT sehingga menambah perekonomian masyarakat.

“Kegiatan tadi juga kami melakukan penenaran benih ikan di kolam yang dikelola KWT, bersama-sama melakukan penanaman pohon dan pemberian tali asih,” imbuhnya.

Kesempatan itu, Kasat menghimbau masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5M. “Semoga dengan prokes Covid-19 segera hilang dan kita dapat beraktifitas seperti sedia kala,” tandasnya.

Sementara itu menurut Kakon Rahmat, bahwa KTN tingkat kecamatan air naningan di pekon batu tegi mewakili 10 pekon yang ada di kecamatan setempat.

“KTN disini di pekon kami tidak ada yang terkonfirmasi covid. Keuggulan juga daripada destinasi tempat wisata. Terus yang selanjutnya juga dari UKM-UKM yang ada dipekon batu tegi sehingga bisa membantu perekonomian atas dampak covid-19,” kata Rahmat.

Rahmat menambahkan, di pekonnya juga terdapat budidaya ikan, memang ada kelompok Pokdatan atau perikanan yang bermitra dengan kelompok perikanan yang ada di Kabupaten Tanggamus.

“Alhamdulilah kita sudah dapat bantuan juga, itu salah satunya kegiatan daripada Pokdatan di Pekon Batu Tegi itu binaan dari Kelompok Tani, kita juga sering panen daripada ikan ikannya ikan nila dan gurame,” ungkapnya.

Diakhir keterangannya Kakon juga memberikan himbauan kepada masyarakat agar terus taat protokol kesehatan. “Mari bersama-sama menaati protokol kesehatan, sehingga kita semua sehat tidak terpapar covid-19,” pungkasnya. (*)