Kasal Panen Udang Vaname di Tambak Lantamal V Surabaya.

oleh -115 views

 

Surabaya, (04/12).Dalam rangkaian peringatan Hari Armada tahun 2020 Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono , bertempat di Tambak udang Vaname Lantamal V Semarung Ujung Surabaya Jum’at (04/12/20) melaksanakan panen perdana uadang Vaname hasil budidaya prajurit TNI AL Lantamal V sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan ketahanan pangan di Tanah Air.

Saat melakukan panen udang Vaname Kasal didampingi Pangkotama TNI AL Wilayah Timur beserta istri , terlihat sebanyak 4 kolam tambak udang dengan luas 4000M2 yang telah di sebar bibitnya pada bulan September 2020 sebanyak 260.000 bibit udang Vaname. Setelah 3 bulan lebih / berumur 100 hari udang Vaname ternyata sudah siap dipanen dengan besaran diperkirakan setiap 50 ekor mencapai berat 1 kg.

Orang nomor satu di TNI AL ini berharap , “ hasil panen udang Vaname Lantamal V nantinya akan menjadi perakonsep bagi Lantamal dan Lanal yang lain, jangan hanya pembudidayaan ikan lele saja, karena disetiap lanal kebanyakan memiliki lahan tambak di pinggir laut. Dan itu sangat memungkinkan untuk pengembangan udang vaname yang sangat berpotensi dalam peningkatan ekonomi keluarga besar TNI AL” pungkasnya.

Dalam laporannya Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut V Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, S.E., M.M., S.Sos., Sc bahwa “ Pengelolaan lahan ini di arsiteki serta perawatannya dikelola oleh Primkopal Mako Lantamal V mulai penyiapan lahan, pemeiharaan bibit hingga siap di panen. Diperkirakan hasil panen perdana ini mencapai 2000 Kg dan siap dipasarkan oleh Primkopal Mako Lantamal sesegera mungkin “.tuturnya.

Selain Panen Udang Vanane di Surabaya, secara bersamaan seluruh jajaran Pangkalan TNI AL ( Lanal ) yang berada di wilayah Lantamal V juga melaksanakan Panen Ketahanan Pangan dengan membudidayakan bermacam – macam komoditi seperti berbagai jenis ikan air tawar, sayur-sayuran serta ketela .

Kesemuanya kegiatan lanal – lanal dalam wilayah Lantamal V di laporkan oleh komandan Lanal masing-masing secara video Converence yang dapat di monitor oleh Kasal beserta Pangkotama TNI AL Wilayah Surabaya dari lokasi Panen Udang Vanane Lantamal V di tambak Semarung Ujung Surabaya.

728×90 Leaderbord

Turut hadir dalam acara panen perdana di tambak udang Vaname tersebut Wakil Komandan Lantamal V Kolonel Marinir Jasiman Purba, S.E., para Asisten Danlantamal V, para Kasatker Lantamal V, dan Ibu Wakil Ketua Korcab V baserta Pengurus dan Pembina Korcab V DJA II, tenaga ahli budidaya udang Bapak Bambang Satrio Nugroho, serta pejabat terkait lainnya.(dar)