Kaskoarmada I Menerima Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI di Koarmada I

oleh -224 views

 

Kepala Staf Komando Armada I (Kaskoarmada I) Laksma TNI Bambang Irwanto, M.Tr (Hanla), CHRMP menghadiri Pembukaan Pemeriksaan Laporan Keuangan TNI dan Kemhan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI di Koarmada I bertempat di Ruang Matjan Kumbang Mako Koarmada I Jakarta, Senin (15/03/21).

Dalam sambutan tertulis, Panglima Koarmada I Laksda TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M. yang dibacakan Kaskoarmada I, mengatakan “Pembenahan dan penyempurnaan di berbagai bidang harus kita laksanakan bersama, sebagai langkah positif bagi perkembangan suatu organisasi. Saya percaya, bahwa pelaksanaan pemeriksaan BPK atas laporan keuangan Kemenhan dan TNI Tahun 2020 oleh Tim Wasrik BPK RI ini akan memberikan dampak positif untuk mewujudkan Clean Government dan Good Governance di Jajaran Koarmada I” Kata Pangkoarmada I.

“Kegiatan pengawasan dan pemeriksaan terhadap daya guna, tertib hukum, tertib administrasi dan tertib atas segala usaha dan kegiatan pelaksanaan pembinaan kemampuan Koarmada I, berdasarkan kebijakan dan perundang-undangan yang berlaku di Jajaran Koarmada I yang merupakan tugas Inspektorat Koarmada I sudah dilaksanakan. Namun begitu, kami menyadari kemungkinan adanya kesalahan dan kekurangan atas pelaksanaan laporan keuangan Kemhan dan TNI tahun 2020. Dengan segala kerendahan hati, kami mohon arahan dan petunjuk dari Tim guna penyempurnaan dan peningkatan pelaksanaan tugas Koarmada I dan jajarannya” lanjutnya.

Kepada seluruh jajaran Koarmada I, Pangkoarmada menekankan untuk bekerja sama dengan tim Wasrik. “Tindak Lanjuti dan laksanakan dengan segera, perbaikan-perbaikan atas apa yang menjadi temuan dari Tim Wasrik. Agar apa yang menjadi misi kita, menjadikan organisasi Koarmada I yang lebih baik dan sehat, guna mendukung Renstra TNI Angkatan Laut berjalan dengan baik.” tegas Pangkoarmada I mengakhiri sambutan tertulisnya.

Pengendali Teknis Tim Wasrik BPK RI, Subagyo, S.E. AK., CPSAK., C.A. dalam sambutannya mengatakan “Wasrik BPK yang akan dilaksanakan di Koarmada I pada kali ini bertujuan untuk memeriksa atas laporan keuangan yang sasaran pemeriksaannya adalah kecukupan pengungkapan atas pagu dan realisasi Anggaran LKKL, khususnya Anggaran untuk Covid-19. Selain Itu juga akan diperiksa keberadaan, kelengkapan, akurasi, pisah batas, klasifikasi penilaian, serta hak dan kewajiban atas saldo kas, uang muka, persediaan, aset tetap lainnya, PNBP, Belanja Barang, Belanja Modal, serta pendapatan dan beban penyusutan” jelasnya.

Tim Wasrik BPK RI yang berjumlah 6 orang akan melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan di Koarmada I selama beberapa hari kedepan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 yang ditetapkan oleh pemerintah.

728×90 Leaderbord