Kawanan burung migran beragam jenis memenuhi areal pesisir Desa Kalianget

Daerah682 Dilihat

Kawanan burung migran beragam jenis memenuhi areal pesisir Desa Kalianget, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, dalam sepekan terakhir. Sayangnya, burung-burung itu ditembaki warga.

Jenis burung yang singgah mulai dari bangau ukuran sedang dan besar, serta burung dara laut. Kawanan burung memenuhi pepohonan bakau yang tumbuh di pinggir laut.

“Sudah semingguan ini burungnya agak banyak. Tidak tahu juga datangnya dari mana. Ya nama burungnya saya juga tidak tahu. Tiap tahun memang di sini sering kedatangan rombongan burung,” kata Rudi, warga Desa Karang Anyar, Kecamatan Kalianget, Sumenep, Sabtu (13/5/2023).

Kawanan burung yang jumlahnya banyak berjenis dara laut, yang memiliki kepala hitam. Burung ini tampak memenuhi areal tambak ikan untuk mencari makan.

Namun sayangnya, fenomena migrasi burung ini mendapat gangguan dari sejumlah warga. Dengan senjata angin, mereka menembaki burung yang kebetulan hinggap di areal tambak. Mereka mengambil dagingnya.

“Ya sembarang burung saya tembak. Iya ini burung yang datang agak banyak,” kata Agus, warga Desa Pinggir Papas, Kecamatan Kalianget.

Pesisir Kabupaten Sumenep memang rutin menjadi rute migrasi burung dari berbagai wilayah. Selain burung air, sejumlah spesies raptor seperti burung elang juga berdatangan dalam kurun waktu bulan Mei hingga Juni setiap tahunnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *