KCNA melaporkan, Presiden Rusia baru saja menghadiahi mobil baru kepada pemimpin Korea Utara yang memang pencinta mobil mewah limusin

KCNA melaporkan, Presiden Rusia baru saja menghadiahi mobil baru kepada pemimpin Korea Utara yang memang pencinta mobil mewah limusin

INTERNATIONAL87 Dilihat

Persahabatan antara Vladimir Putin dengan Kim Jong-un semakin erat. KCNA melaporkan, Presiden Rusia baru saja menghadiahi mobil baru kepada pemimpin Korea Utara yang memang pencinta mobil mewah limusin.

Menurut KCNA, Selasa (20/2/2024), Putin memberi Kim Jong-un sebuah mobil buatan Rusia untuk keperluan pribadinya. Namun belum ada rincian lebih lanjut tentang bagaimana mobil itu diserahkan.

“Hadiah tersebut berfungsi sebagai demonstrasi yang jelas dari hubungan pribadi khusus antara para pemimpin tertinggi,” tulis KCNA.

Juru bicara Putin, Dmitry Peskov mengatakan kepada layanan berita RIA Novosti bahwa Kim Jong-un menerima mobil Aurus baru. Kendaraan tersebut merupakan hasil program pemerintah Rusia yang memproduksi limusin mewah sebagai alternatif dalam negeri untuk bersaing dengan mobil mewah mancanegara model seperti Mercedes.

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa memiliki daftar barang-barang yang dilarang untuk diekspor ke Korea Utara sebagai hukuman atas program senjata nuklirnya. Ini termasuk kapal pesiar, mobil balap, dan kendaraan mewah. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Korea Selatan Lim Soo-suk meminta Rusia untuk mematuhi sanksi terhadap Korea Utara, termasuk larangan pengiriman barang mewah.

Namun, Dewan Keamanan PBB sepertinya tidak bisa berbuat banyak untuk menghukum Putin.

Hadiah tersebut diberikan ketika AS dan Korea Selatan menuduh Kim Jong-un memasok amunisi senilai beberapa miliar dolar kepada Putin untuk membantu serangannya terhadap Ukraina.

Kim Jong-un telah menunjukkan bahwa dia suka bepergian dengan kendaraan mahal. Dia baru-baru ini terlihat mengendarai SUV Mercedes-Benz Maybach GLS 600, yang dijual dengan harga dasar US$ 174,350.

Mobil itu sebenarnya adalah salah satu wahana paling murah milik Kim, dengan armada limusinnya termasuk limusin lapis baja Mercedes-Maybach yang memiliki harga lebih dari US$ 1 juta.

Putin memamerkan limusin Aurus miliknya kepada Kim Jong-un ketika keduanya bertemu pada bulan September, kantor berita pemerintah Rusia, Tass, melaporkan, Kim sempat menguji kenyamanannya dengan duduk di kursi penumpang belakang.