Kehamilan merupakan masa yang paling krusial untuk seorang wanita karena tidak hanya menjaga kesehatan sendiri

oleh -48 Dilihat

Kehamilan merupakan masa yang paling krusial untuk seorang wanita karena tidak hanya menjaga kesehatan sendiri, melainkan janin yang berada di dalam perut. Selama masa kehamilan, sangat penting untuk memerhatikan kelengkapan nutrisi bagi tubuh hal ini menjadi sangat penting untuk mendukung perkembangan calon bayi.

Melansir dari healthline.com ibu hamil perlu mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, makanan berprotein, dan produk susu rendah lemak karena makanan tersebut mengandung sumber nutrisi yang baik seperti asam folat, zat besi, kalsium dan vitamin D, yang baik untuk kesehatan ibu dan calon bayi.

Pola makan yang sehat sangat penting untuk menjaga bayi Anda tetap ternutrisi sejak saat pembuahan. Sehingga, sahabat Fimela harus batasi makanan dan minuman yang mengandung gula, lemak jenuh, dan natrium. Selain itu, perbanyak makan sayur serta makanan yang mengandung kalori lainnya karena ibu hamil membutuhkan kalori ekstra sekitar 300 per harinya selama 6 bulan.

Berikut Fimela telah merangkum makanan yang dapat dikonsumsi saat hamil untuk menjaga kesehatan calon bayi.

1. Produk susu

Selama kehamilan, sahabat Fimela perlu mengonsumsi lebih banyak protein dan kalsium untuk memenuhi kebutuhan janin yang sedang tumbuh karena susu merupakan sumber kalsium terbaik yang menyediakan fosform vitamin B, magnesium, dan seng untuk kesehatan ibu dan janin.

Adapun produk susu yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil adalah susu, keju, dan yogurt yang mengandung lebih banyak kalsoum dibandingkan dengan produk susu lainnya. Selain itu, yogurt mengandung bakteri probiotik yang dapat menjaga sistem percernaan agar tetap sehat.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan yang menjadi sumber serat, protein zat besi, folat (B9), dan kalsium nabati yang dibutuhkan oleh ibu hamil terutama selama trimester pertama.

Selama hamil biasanya tubuh membutuhkan setidaknya 600 mikrogram (mcg) folat setiap harinya, untuk memenuhi nutrisi folat pada ibu hamil dapat mengonsumsi berbagai jenis kacang seperti kacang tanah, buncis, polong, dan kedelai.

Selain itu, kacang juga merupakan makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga dapat mencegah dan meringankan masalah umum saat masa kehamilan seperti sembelit dan wasir.

3. Salmon

Salmon merupakan makanan yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak dan mata calon bayi.  Tidak hanya itu, salmon juga memiliki kandungan protein dan vitamin D, yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi bayi.

Biasanya kebanyakan ibu hamil takut untuk mengonsumsi salmon karena sering disangka sebagai ikan yang mengandung merkuri. Namun, nyatanya salmon memiliki jumlah merkuri yang rendah,sehingga sangat dianjur untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

4. Telur

Biasanya seorang ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi telur karena memiliki sumber protein yang bagus untuk kesehatan janin. Tak hanya itu, telur juga mengandung asam amino yang membentuk protein untuk membangun sel-sel dalam tubuh bayi.

Telur sangat baik dikonsumsi pada trimester kedua karena dapat memberikan asupan kalsium dan vitamin D bagi janin. Bisa dikatakan bahwa telur merupakan makanan yang kaya akan nutrisi karena kandungan kolin yang terdapat dalam kuning telur dapat membentuk otak dan sumsum tulang belakang calon bayi, sehingga membuatnya dapat berkembang dengan baik dan menghindari kelahiran bayi yang cacat.

5. Ubi jalar

Ubi jalar merupakan makanan memiliki warna oranye serta mengandung vitamin A yang dibutuhkan oleh janin baik untuk pertumbuhan tulang, paru-paru, dan perkembangan kulitnya.

Makanan manis ini juga menjadi vitamin C dan dan vitamin B6 yang dapat membantu mengatasi mual di pagi hari, serta serat nabati yang nabati yang dimiliki oleh ubi jalar dapat membuat sahabat Fimela kenyang lebih lama, mengurangi lonjakan gula darah, dan meningkatkan kesehatan pencernaan terutama sembelit saat kehamilan.

6. Brokoli

Sayuran hijau seperti brokoli juga sering kali dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam brokoli sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan calon bayi karena brokoli merupakan makanan yang mengandung, vitamin A, C, dan K, serta kalsium, zat besi, dan folat.

Brokoli juga kaya akan antioksidan dan serat, sehingga dapat meringankan sembelit yang sering menjadi masalah saat masa kehamilan. Untuk mengolah brokoli, sahabat Fimela dapat mencampurkannya ke dalam sup atau ditumis untuk mendapatkan nutrisi yang seimbang.

7. Buah beri

Beri merupakan buah yang mengandung, air, karbohidrat sehat, vitamin C, serat, dan antioksidan. Buah ini sering kali dijadikan camilan karena memiliki banyak rasa seperti manis dan asam,  serta nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan kehamilan.

Buah beri memiliki banyak jenis, sehingga hanya beberapa buah saja yang baik dikonsumsi saat hamil seperti blueberry, raspberry, goji berry, stroberi, dan acai berry.  Beberapa jenis beri ini dapat diolah menjadi smoothies yang kaya akan antioksidan.

8. Air

Sering kali, orang merasakan dehidrasi ketika tidak minum air, baik mereka yang hamil atau tidak. Selama kehamilan volume darah meningkat sekitar 45 persen bisa dibayangkan jika sahabat Fimela saja mengalami dehidrasi, bagaimana dengan calon bayi?

Gejala dehidrasi ringan yang sering dialami adalah sakit kepala, kecemasan, kelelahan, suasana hati yang buruk, dan memori berkurang. Sehingga sangat, dianjurkan untuk mengonsumsi air yang cukup.

Selain itu, mengonsumsi air yang cukup dapat meringankan sembelit dan mengurangi risiko infeksi saluran kemih, yang umum terjadi selama kehamilan.

 

No More Posts Available.

No more pages to load.