Kelenteng Tjoe Hwie Kiong, Kota Kediri, Jawa Timur, tahun ini meniadakan perayaan Imlek karena bertepatan dengan hari tenang Pemilu 2024

Kelenteng Tjoe Hwie Kiong, Kota Kediri, Jawa Timur, tahun ini meniadakan perayaan Imlek karena bertepatan dengan hari tenang Pemilu 2024

Daerah114 Dilihat

Kelenteng Tjoe Hwie Kiong, Kota Kediri, Jawa Timur, tahun ini meniadakan perayaan Imlek karena bertepatan dengan hari tenang Pemilu 2024.

Padahal, kelenteng bersejarah yang berdiri sejak 1895 itu biasanya menggelar perayaan Imlek secara meriah dengan pertunjukan barongsai dan naga leang leong. Perayaan Imlek selalu mendapat antusias tinggi dari masyarakat sekitar.

“Karena besok untuk hari tenang, jadi tahun ini kita tidak merayakan acara apa-apa,” kata Humas Kelenteng Tjoe Hwie Kiong, Halim Prayoga, Jumat (9/2/2024).

Halim menyampaikan alasan peniadaan perayaan Imlek tahun ini agar terhindar dari pengaruh politik jelang Pemilu 2024 yang berlangsung pada 14 Februari 2024. Pihak Kelenteng Tjoe Hwie Kiong Kediri menegaskan tidak memihak kepada salah satu calon anggota legislatif maupun pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di Pemilu 2024.

Halim menegaskan, Kelenteng Tjoe Hwie Kiong Kediri memilih sikap netral. “Supaya dari umat ini netral, tidak ada tunggangan politik atau lainnya,” jelasnya.

Meski tidak ada perayaan Imlek, umat Kelenteng Tri Dharma Tjoe Hwie Kiong ini tetap melaksanakan sembahyang Gwan Tan atau tutup tahun 2574, Jumat (9/2/2024) pukul 19.00 WIB.

Selanjutnya, umat akan melanjutkan sembahyang Sian Cian atau tahun baru Kongzili 2575 pukul 24.00 WIB.

“Supaya di tahun yang baru mendapat harapan baru. Terus supaya usaha kerja bisa diberikan kelancaran pada shio tahun naga kayu ini,” pungkas Halim.