Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) tengah menyiapkan migrasi siaran televisi (TV) analog ke TV digital atau analog switch off 

oleh -292 views

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) tengah menyiapkan migrasi siaran televisi (TV) analog ke TV digital atau analog switch off (ASO). Sesuai amanat Undang-Undang Cipta Kerja sektor pos telekomunikasi dan penyiaran, migrasi tersebut ditargetkan selesai pada November 2022.

Menkominfo Johnny G Plate menegaskan, migrasi dari TV analog ke digital merupakan kepentingan yang harus diupayakan bersama-sama dalam prinsip untuk memajukan industri penyiaran dan sektor telekomunikasi. Melalui migrasi TV analog ke digital, masyarakat akan mendapat banyak keuntungan. Salah satunya kualitas gambar akan jauh lebih baik.

Kita berharap melalui migrasi penyiaran televisi digital di Indonesia, masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air akan dapat menikmati kualitas penyiaran digital yang tidak hanya standar definition, juga high definition (HD). Dengan demikian, televisi kita akan semakin bersih gambarnya, jernih suaranya, dan canggih teknologinya,” kata Johnny G Plate di acara “Royal Dinner Hari Penyiaran Nasional 2021″ di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Rabu (31/3/2021).

Melalui upaya ini, lanjut menkominfo, diharapkan sektor penyiaran di Indonesia akan semakin maju.

“Dengan satu semangat yang sama ini, kita teguhkan kejayaan nusa dan bangsa, kejayaan Indonesia di sektor penyiaran menuju Indonesia yang semakin digital, semakin maju,” tegas Johnny G Plate.