Kementerian Luar Negeri mengeluarkan imbauan perjalanan ke wilayah Hong Kong menyusul aksi unjuk rasa oleh ribuan massa yang menduduki bandara kota itu

0 48

dnewsradio – Kementerian Luar Negeri mengeluarkan imbauan perjalanan ke wilayah Hong Kong menyusul aksi unjuk rasa oleh ribuan massa yang menduduki bandara kota itu. Kemlu meminta agar warga negara Indonesia (WNI) menunda kepergian ke Hong Kong.

“Memperhatikan perkembangan terkini di Hong Kong, khususnya demonstrasi yang sporadis di berbagai lokasi, termasuk di Bandara Internasional Hong Kong, Pemerintah Indonesia mengeluarkan imbauan kepada WNI,” sebut pernyataan tertulis Kemlu, Selasa (13/8).

Kemlu meminta WNI yang merencanakan berpergian ke Hong Kong untuk mencermati perkembangan keamanan terakhir, termasuk melalui aplikasi Safe Travel Kemlu.

“Untuk perjalanan yang sifatnya tidak mendesak, sebaiknya ditunda hingga situasi lebih kondusif,” sebut pernyataan Kemlu.

Kemlu juga menyediakan layanan komunikasi darurat bagi para WNI di Hong Kong, yaitu hotline Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong yang bisa dikontak lewat nomor Whatsapp +852 6894 2799 atau +852 6773 0466 atau +852 5294 4184 atau melalui tombol darurat pada aplikasi Safe Travel yang bisa diunduh secara bebas.

“Bagi yang menetap di wilayah Hong Kong, agar tetap tenang dan waspada, menjauhi lokasi berkumpulnya massa, tidak terlibat dalam kegiatan politik setempat, serta senantiasa mengikuti imbauan dari otoritas setempat serta memantau informasi di laman FB KJRI Hong Kong (fb.com/kjrihk),” tambah pernyataan Kemlu.

Sementara itu, dikutip dari Channel News Asia, otoritas Hong Kong sejak Selasa sore menunda semua proses check-in setelah demonstran pro-demokrasi memblokir bandara internasional kota itu. Namun, beberapa penerbangan dilaporkan masih tiba dan berangkat.

“Operasi di terminal Bandara Internasional Hong Kong telah secara serius terganggu sebagai hasil dari perkumpulan publik,” sebut pernyataan otoritas bandara tersibuk kedelapan di dunia itu.

Otoritas bandara Hong Kong menyebut semua layanan check-in ditangguhkan sejak pukul 16.30 waktu setempat. Penerbangan keberangkatan dan kedatangan untuk sisa hari ini tetap akan beroperasi, dan penerbangan akan melakukan pengaturan bagi para penumpang yang tidak menyelesaikan proses keberangkatan.

“Warga masyarakat disarankan tidak datang ke bandara,” lanjut pernyataan otoritas bandara Hong Kong

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ