Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) menyatakan sudah saatnya para pengelola media sosial di lembaga pemerintahan memiliki perencanaan dan pengelolaan yang baik dan terukur

oleh -1.276 views

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) menyatakan sudah saatnya para pengelola media sosial di lembaga pemerintahan memiliki perencanaan dan pengelolaan yang baik dan terukur. Kepala Biro Komunikasi Kemparekraf, Agustini Rahayu mengatakan ada 4 strategi digital di era pandemi Covid-19, karena adanya pembatasan. Diakui konten-konten yang dibuat memiliki nilai yang berarti karena merupakan representasi suatu lembaga pemerintahan.

“Ada 4 prinsip yang dipegang oleh Kemparekraf untuk menjalankan strategi digital, terutama konten digital di media sosial. 4 prinsip ini adalah partisipatif, autentik, bermanfaat, dan terpercaya,” katanya saat acara webinar “Potensi Media Sosial untuk Memperkuat Inovasi dan Strategi Kehumasan di Era Pandemi”, Selasa (1/12/2020).

Empat strategi ini juga bisa menjadi tolak ukur pentingnya pemanfaatan media sosial (medsos) dalam mempromosikan pariwisata, serta pemilihan media yang tepat dalam penguatan strategi kehumasan di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Tentunya ini menjadi tantangan dan permasalahan yang biasa terjadi dalam pengelolaan media sosial seperti pengukuran keberhasilan dan perencanaan yang sering luput dalam aktivasi penggunaan media sosial.

Ia menekankan prinsip terpercaya, karena di era pandemi seperti saat ini, berita hoax mudah tersebar. Di sisi lain media sosial sering digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyebar konten-konten negatif seperti hoax, ujaran kebencian, fitnah, provokasi, menghasut, dan lainnya.

“Tentu hal ini sangat berbahaya dan berpotensi memicu kebencian, kemarahan, yang menyebabkan disintegrasi bangsa. Karena bagaimana pun informasi publik harus terpercaya sumbernya. Jadi bukan hoax,” ungkap dia.

Menurutnya seiring perkembangan teknologi informasi yang kian pesat dan meningkatnya jumlah pengguna internet, media sosial telah bertransformasi sebagai salah satu sumber informasi yang paling akrab dengan masyarakat.

728×90 Leaderbord

Untuk itu terkait masalah prinsip terpercaya ini, Kemparekraf telah membuat tim khusus guna mengecek kebenaran sumber berita. Selain itu dikatakan akun Instagram Kemparekraf pernah ditiru oleh orang yang tidak bertanggung-jawab, sehingga timnya harus mengatasi hal tersebut.