Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga telah berkontribusi dalam penyediaan tenaga kerja kelas dunia dengan mendirikan sekolah kejuruan

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga telah berkontribusi dalam penyediaan tenaga kerja kelas dunia dengan mendirikan sekolah kejuruan

Ekonomi146 Dilihat

Angka positif perekonomian Sumatera Barat (Sumbar) tidak lepas dari peran tenaga kerja terampil. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga telah berkontribusi dalam penyediaan tenaga kerja kelas dunia dengan mendirikan sekolah kejuruan, perguruan tinggi teknik, dan balai latihan industri di Kota Padang.

“Kami sedang membangun VET, sebuah kemitraan praktik terbaik yang menghubungkan dan menyatukan dunia pendidikan dan dunia usaha,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.Untuk diketahui perekonomian Sumatera Barat menunjukkan angka positif pada triwulan terakhir 2022. Dari data Badan Pusat Statistik Sumbar, Produk Domestik Bruto (PDRB) daerah provinsi atas dasar harga berlaku sebesar Rp 285,38 triliun dan produk domestik bruto per kapita Rp 50,59 juta

Perekonomian Sumbar sendiri akan tumbuh sebesar 4,36 persen pada tahun 2022, lebih tinggi dibandingkan tahun 2021 yang tumbuh sebesar 3,29 persen.

Sebagai ibu kota Sumatera Barat, Padang akan mencatatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 3,14 persen pada 2022.

BPSDMI Kementerian Perindustrian berencana meningkatkan kualitas dan kuantitas diklat khusus Kementerian Perindustrian di seluruh Indonesia, termasuk Padang.

“Dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 682.000 orang per tahun di industri, jumlah tenaga kerja yang dihasilkan harus ditingkatkan setiap tahunnya. Ayo bekerja cepat untuk mewujudkannya,” kata Masrokhan.

Masrokhan menyarankan agar setiap unit pelatihan dan balai latihan industri di Padang harus meningkatkan kualitas dan meraih kesuksesan.

“Saya berharap unit diklat Kemenperin terus maju dengan motto Unit profesional, pencapaian luar biasa. Artinya, setiap unit VET setidaknya memiliki satu prestasi besar yang dapat dibanggakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Mudah-mudahan ini jadi motivasi kita bersama dan bisa kita capai,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *