Kemkominfo berkomitmen untuk mempercepat proses transformasi digital di Indonesia pada 2021

oleh -409 views

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) berkomitmen untuk mempercepat proses transformasi digital di Indonesia pada 2021. Untuk itu, Kemkominfo akan fokus pada pemanfaatan (utilisasi) jaringan fiber optik Palapa Ring, serta pemanfaatan ruang digital ekonomi.

“Kominfo perlu berfokus pada peningkatan utilisasi Palapa Ring backbone broadband, juga pemanfaatan ruang digital ekonomi yang lebih berimbang,” kata Johnny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) melalui siaran pers, Senin, (1/3/2021).

Bupati Pesawaran

Terkait Palapa Ring, proyek ini merupakan proyek pembangunan backbone jaringan serat optik nasional yang menghubungkan seluruh 514 ibukota kabupaten/kota di Indonesia yang dibangun dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan Non-KPBU. Proyek ini telah resmi beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2019.

Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo), pembangunan jaringan Palapa Ring tersebut mencapai 12.148 km yang terbagi dalam tiga wilayah, yaitu paket Barat, Tengah dan Timur. Untuk Palapa Ring Paket Barat mencapai 2.275 km, Palapa Ring Paket Tengah sepanjang 2.995 km. Sementara Palapa Ring Paket Timur memiliki panjang 6.878 km.

Sementara itu, berdasarkan data yang diberikan oleh Plt Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu, per 28 Februari 2021, tingkat utilisasi atau pemanfaatan Palapa Ring sebagai berikut, Palapa Ring Barat, utilisasinya mencapai 36,67% (fiber optic), Palapa Ring Tengah 20,33% (fiber optic) dan Palapa Ring Timur 17% (fiber optic) dan 47,27% (microwave).

Menteri Johnny menambahkan, berkaitan dengan utilitasi backbone broadband dan pemanfaatan ruang digital yang lebih baik bagi masyarakat, dibutuhkan omunikasi publik dan juga tata kelola regulasi untuk mewujudkan Indonesia sebagai bangsa digital.

“Hal ini penting untuk terus ditingkatkan agar masyarakat semakin teredukasi akan urgensi dan manfaat baik dari program-program Kemkominfo dan khususnya dan lebih luasnya tentu adalah manfaat dan program-program pemerintah dibawah leadership Presiden Joko Widodo, khususnya yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi dan ketertiban di dalam ruang digital,” tutur Johnny.

728×90 Leaderbord