Kemkominfo meluncurkan Gerakan Nasional (Gernas) Literasi Digital 

oleh -341 views

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) meluncurkan Gerakan Nasional (Gernas) Literasi Digital dengan menyasar 12,4 juta masyarakat Indonesia hingga tahun 2024 melalui serangkaian kegiatan digital.

Bupati Pesawaran

Gernas Literasi Digital ditandai dengan diluncurkannya empat kurikulum literasi digital yaitu Budaya Bermedia Digital, Aman Bermedia Digital, Etis Bermedia Digital dan Cakap Bermedia Digital. Peluncuran empat pilar kurikulum dan modul literasi digital itu dilakukan di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (16/4/2021).

Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, upaya ini menjadi rujukan pengembangan kompetensi digital SDM Indonesia, baik melalui sektor pendidikan formal, informal, maupun nonformal.

“Provinsi Jawa Timur sengaja dipilih mengingat target peserta literasi digital di provinsi ini merupakan salah satu yang terbesar, dimana 1,5 juta orang akan terliterasi digital melalui lebih dari 2.500 kegiatan di 38 kota/kabupaten,” ujar Johnny G Plate dalam keterangan yang diterima, Minggu (18/4/2021).

Menkominfo menjelaskan, sadar kebutuhan akan talenta yang begitu besar ini, Kemkominfo menggunakan pendekatan komprehensif yang mencakup 3 tingkatan kecakapan digital.

“Di level advanced atau tingkat lanjutan, program Digital Leadership Academy (DLA) diinisiasi untuk meningkatkan kapasitas pembuat kebijakan digital (digital decision maker) baik di sektor publik maupun privat,” jelasnya.

728×90 Leaderbord

Lebih lanjut, Menkominfo mengatakan, program ini ditujukan untuk 300 leaders dan dilakukan secara daring, mengingat situasi pandemi Covid-19, dengan menggandeng pusat-pusat pengembangan ekosistem digital global di Tiongkok, India, Singapura, Estonia, Amerika Serikat (AS) dan sebagainya.

Di tingkat menengah (intermediate digital skill), program Digital Talent Scholarship (DTS) juga diadakan untuk memberikan pelatihan teknis bagi para angkatan kerja muda, lulusan baru, profesional, dan elemen masyarakat lainnya.