Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat utama yang perlu diolah terlebih dahulu sebelum dapat dikonsumsi

Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat utama yang perlu diolah terlebih dahulu sebelum dapat dikonsumsi

Resep107 Dilihat

 Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat utama yang perlu diolah terlebih dahulu sebelum dapat dikonsumsi, entah dengan merebusnya atau menggorengnya.

Namun, selain itu, kentang juga dapat dijadikan berbagai macam camilan, termasuk di antaranya adalah keripik kentang.

Apabila dimasak dengan berbagai macam bumbu, mulai dari yang pedas, asin, hingga manis, keripik kentang akan menjadi semakin menggugah selera.

Terlebih lagi, proses pembuatan keripik kentang sangatlah sederhana, cukup dengan mengiris kentang menjadi potongan kecil dan kemudian menggorengnya.

Namun, keripik kentang seringkali menjadi lembek setelah dingin, yang sebenarnya wajar mengingat teksturnya yang tipis.

Meskipun demikian, ada satu cara untuk membuat keripik kentang tetap renyah lebih lama tanpa menggunakan bahan pengawet. Cara ini dibagikan melalui kanal YouTube Mrs. Kori.

Ditulis pada hari Minggu, tanggal 14 April 2024, berikut adalah metode untuk menggoreng keripik kentang agar tetap renyah dan awet.

Iris dan Cuci Kentang

Siapkan tiga buah kentang atau sekitar 250 gram kentang yang sudah dikupas untuk dipotong tipis. Untuk mempermudah tugas, gunakan alat potong kentang khusus yang memiliki air di dalamnya agar kentang yang dipotong bisa langsung tenggelam. Tetapi, jika tidak tersedia alat potong khusus, gunakanlah pisau yang cukup kuat.

Setelah semua kentang dipotong, cuci kentang yang masih tenggelam dalam air mengalir hingga bersih.

Tambahkan Garam dan Cuka

Setelah itu, campurkan sekitar satu sendok teh garam dan cuka ke dalam air rendaman kentang kemudian aduk hingga merata. Setelah proses pencampuran selesai, diamkan dalam keadaan terbuka selama 15 menit. Setelah menunggu selama 15 menit, tiriskan kentang di atas tisu dapur untuk mempercepat proses pengeringan.

Goreng Kentang

Setelah kentang mengering secara sempurna, mereka bisa langsung digoreng. Minyak dipanaskan dalam wadah dengan api sedang, kemudian kentang dimasukkan dalam penggorengan dengan jumlah yang tepat. Sesekali, aduk kentang untuk memastikan kematangan yang merata.

Angkat dan TIriskan

Setelah kentang digoreng hingga kering serta berubah warna kecoklatan, angkat dan tiriskan segera. Lakukan proses menggoreng hingga semua kentang habis.

Hasilnya, keripik kentang yang renyah dan dapat bertahan lama siap disantap dengan beragam bumbu.

Berapa Lama Keripik Kentang Bisa Bertahan?

Kentang Mustafa, atau keripik kentang yang sudah dikeringkan, bisa tetap awet sampai 2-3 minggu setelah diproses dengan cara digoreng sampai kering. Agar mendapat hasil kentang kering, saran yang diberikan adalah memotong kentang menjadi tipis terlebih dahulu.

Berapa Jam Merendam Kentang dalam Air Kapur Sirih?

Potonglah kentang menjadi irisan tipis dengan berat mencapai 400 gram, lalu rendam dalam larutan air kapur sirih selama 15 menit. Cukup satu sendok makan air kapur sirih untuk tahapan ini. Selanjutnya, rendam udang kering atau ebi seberat 75 gram dalam air panas hingga mengembang, kemudian cincang kasar.

Merendam Kentang dengan Apa?

Slices tipis kentang dapat direndam dalam larutan air kapur sirih. Diamkan hingga sekitar setengah jam untuk meresap, kemudian bilas dengan air mengalir dan biarkan hingga mengering. Kentang yang telah disiapkan tersebut siap digoreng.

Dari Mana Asal Keripik Kentang?

Pada masa awal abad ke-19, keripik kentang dikenalkan di Amerika Serikat. George Crum, seorang koki di New York, diyakini sebagai orang yang menemukannya. Kisah dimulai ketika seorang pelanggan yang sangat kritis mengeluh bahwa kentang goreng yang dipesannya terlalu tebal dan tidak cukup renyah.

Bolehkah Kentang Kupas Disimpan di Kulkas?

Segera simpan kentang yang sudah dikupas di dalam kulkas atau freezer untuk menjaga keawetan dan mencegah kerusakan yang cepat.