KEPALA STAF KOLINLAMIL HADIRI RAPIM SAKA BAHARI 2021

oleh -95 views

 

Jakarta, 29 Maret 2021, Satya Wira Jala Dharma. Kepala Staf Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan menghadiri Rapat Pimpinan Saka Bahari Nasional tahun 2021 yang berlangsung di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (29/3).

Rapat pimpinan pramuka saka bahari 2021 yang dipimpin Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto ini dihadiri Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka bidang Saka, Sako dan Gugus Dharma Mayjen TNI Mar (Purn) Yanuar Lutfi, Ketua dan Wakil serta para pengurus Pinsaka Bahari Tingkat Nasional, Daerah dan Lantamal.

Kasal dalam sambutannya yang disampaikan Aspotmar mengatakan Kegiatan rapat pimpinan pramuka saka bahari nasional tahun 2021 ini merupakan upaya mewujudkan kesamaan visi dan misi pengurus pinsaka bahari nasional bersama dengan pinsaka bahari daerah, guna meningkatkan pola pembinaan serta menyusun program kerja dalam upaya mengembangkan kapasitas kegiatan pramuka saka bahari.

Rapim pramuka saka bahari tahun 2021 ini, juga dilaksanakan di tengah suasana pemerintah yang sedang berupaya mempercepat penanggulangan pandemi covid-19 yang telah berlangsung lebih dari setahun mengambil tema, “Melalui penyelenggaraan Rapim Saka Bahari Nasional 2021 Kita Wujudkan Semangat Bela Negara dan Cinta Tanah Air Yang Berwawasan Kebangsaan”
Tema tersebut mengandung makna yaitu, semangat bela negara dan cinta tanah air yang berorientasi kebaharian guna memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam upaya menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia.

Pembentukan wadah kegiatan kelautan dalam bingkai saka bahari, pada tingkat provinsi maupun kabupaten selaras dengan program TNI Angkatan Laut dalam upaya menyediakan komponen cadangan yang siap menghadapi ancaman.
Oleh karena itu, diperlukan keterpaduan dan sinergitas arah dan kebijakan serta rencana kerja, baik pada level pusat maupun level daerah yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam melaksanakan pembinaan bagi generasi muda saka bahari.

Upaya ini juga sebagai jawaban terhadap perkembangan dinamika strategis di era revolusi industri 4.0 saat ini.

728×90 Leaderbord

Disamping itu, kegiatan ini bertujuan untuk membangun sinergitas, mampu untuk memobilisasi Saka Bahari agar dapat ikut dalam menjaga dan mempertahankan NKRI serta tidak terpancing dengan Isu yang berkembang dan selaras dengan tugas Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut.

“Situasi tersebut memerlukan dan membutuhkan generasi muda yang tangguh untuk menghadapi berbagai macam tantangan yang datang setiap saat,” tegas Aspotmar Kasal.

Hal ini selaras dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., terkait pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. (Dispen Kolinlamil)