KEPEMIMPINAN SESKO TNI DIJABAT OLEH MARSDA TNI ARIF WIDIANTO, S.A.B., M.Tr.(Han)., CHRMP.

KEPEMIMPINAN SESKO TNI DIJABAT OLEH MARSDA TNI ARIF WIDIANTO, S.A.B., M.Tr.(Han)., CHRMP.

Daerah541 Dilihat

 

Penhumas-Sesko TNI,- Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara Serah Terima Jabatan Komandan Sesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr.(Han)., kepada Marsda TNI Arif Widianto, S.A.B., M.Tr.(Han)., CHRMP., bertempat di Ruang Hening Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Sesko TNI memiliki tugas dan tanggung jawab menyelenggarakan pendidikan pengembangan umum tertinggi TNI, pendidikan operasi gabungan di lingkungan TNI, pembinaan manajemen, melaksanakan evaluasi dan pengembangan di bidang yang berkaitan, dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas TNI, serta mengadakan kerja sama akademik dengan lembaga pendidikan militer dalam negeri maupun luar negeri serta Perguruan Tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Sesko TNI.

Selanjutnya kurikulum Sesko TNI untuk tahun ini berbeda dengan kurikulum sebelumnya, berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/25.a/I/2024 tanggal 8 Januari 2024 tentang Kurikulum Dikreg Sesko TNI, Mabes TNI telah merevisi kurikulum sebelumnya (TA 2023), dengan membentuk Program Studi Strategi Perang yang telah diaplikasikan pada Dikreg LII Sesko TNI TA 2024. Revisi Kurikulum ini dipandang perlu oleh Mabes TNI, mengingat Sesko TNI yang merupakan Lembaga pengembangan umum tertinggi TNI memiliki peran yang sangat strategis dalam rangka mendukung tugas pokok TNI. Pembentukan Program Studi Strategi Perang ini selaras dengan kebijakan Pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan profesionalitas prajurit TNI dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Panglima TNI dalam amanatnya menyampaikan bahwa pergantian kepemimpinan dalam suatu organisasi merupakan sebuah keniscayaan. Selain untuk pengembangan karier bagi perwira yang bersangkutan, regenerasi dan kaderisasi kepemimpinan memiliki arti penting untuk penyegaran organisasai, peningkatan kinerja, serta perbaikan produktivitas. Berkenaan dengan acara penyerahan dan serah terima jabatan ini, Panglima TNI mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi, kepada para Pejabat Lama atas pelaksanaan tugasnya selama mengemban amanah jabatan serta ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada para istri Pejabat Lama yang telah mendampingi dan memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan tugas suami, serta dalam membina IKKT Pragati Wira Anggini.

Diakhir amanatnya, Panglima TNI mengucapkan selamat bertugas kepada para Pejabat Baru, laksanakan amanah jabatan dengan sebaik-baiknya serta lakukan inovasi dan terobosan-terobosan kreatif agar TNI yang PRIMA dapat menjawab tantangan perkembangan jaman dengan cepat dan tepat. Selanjutnya kepada para istri Pejabat Baru, Panglima juga menyampaikan ucapan selamat. Berikan dukungan penuh kepada suami dalam pelaksanaan tugasnya, serta pembinaan IKKT Pragati Wira Anggini cabang masing-masing dengan sepenuh hati.

Kegiatan dihadiri Kasum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan, Irjen TNI Laksdya TNI Dadi Hartanto, Pangkogabwilhan I Laksdya TNI Agus Hariadi, Pangkogabwilhan III Letjen TNI Richard Tampubolon, Danjen Akademi TNI Letjen TNI Rudianto, Ka BAIS TNI Mayjen TNI Yudi Abrimantyo, Dankodiklat TNI Laksdya TNI Maman Firmansyah, Ketua Umum IKKT Pragati Wira Anggini beserta pengurus, serta hadirin dan undangan sekalian yang berbahagia.

(Penhumas-Sesko TNI)