kesibukan yang segudang, kita jadi rentan mengalami stres

0 29

Dengan kesibukan yang segudang, kita jadi rentan mengalami stres. Menjalani rutinitas pun rasanya cukup sulit. Untuk itu penting bagi kita untuk melakukan sejumlah upaya demi mencegah stres.

Stres bisa menyebabkan sejumlah gejala. Dilansir dari womenshealth.gov, stres bisa menyebabkan gangguan tidur, perubahan nafsu makan, sakit perut, sakit kepala, gangguan pencernaa, kecemasan, hingga depresi. Tak hanya itu saja, stres bisa berdampak negatif pada kemampuan perempuan untuk hamil, kesehatan selama kehamilan, dan siklus haid.

1. Buat Jurnal Harian

Memiliki jurnal harian bisa membantumu lebih memahami emosi dan perasaanmu. Selain itu, bisa membantumu melacak pemicu stres harianmu. Dari sini juga kita bisa terbantu untuk mengurai benang kusut atau tumpukan pikiran yang mengganggu aktivitas kita.

2. Jadwalkan Waktu Istirahat

Bukan hanya soal pekerjaan saja yang perlu dijadwalkan, kebutuhan untuk istirahat pun perlu dijadwalkan. Setiap harinya selalu luangkan waktu dan ambil jeda khusus untuk istirahat. Sesibuk apa pun rutinitasmu, setidaknya selalu siapkan slot khusus untuk merilekskan tubuh.

3. Buat Batasan

Tidak semua pekerjaan harus diterima dan dikerjakan sendiri. Coba buat batasan yang masuk akal atas kesanggupanmu dalam bekerja setiap harinya. Jika ada pekerjaan yang dirasa terlalu berat atau sulit dilakukan serta melebihi kemampuanmu, sebaiknya tidak diambil.

4. Lakukan Aktivitas yang Menenangkan sebelum Tidur Malam

Perempuan yang mengalami stres seringkali mengalami kurang tidur bahkan insomnia. Satu atau dua jam sebelum tidur malam, coba luangkan waktu untuk melakukan aktivitas yang bisa menenangkan diri. Meditasi, mendengarkan musik lembut, atau membaca buku bisa jadi aktivitas untuk dilakukan untuk mendapat tidur yang lebih nyenyak.

5. Minta Bantuan atau Dukungan dari Orang-Orang Terdekat

Tak ada salahnya untuk minta bantuan atau dukungan dari orang-orang terdekat. Saat sesuatu tak bisa kita tangani dan lakukan sendiri, izinkan dirimu untuk mencari bantuan dari orang-orang dekat yang kamu percaya. Memiliki orang-orang yang senantiasa ada untukmu akan sangat membantumu bisa tetap bertahan di tengah runitas dan kesibukan yang padat.

Mencegah stres sangat mungkin dilakukan dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik. Semoga hari-harimu senantias diliputi kebahagiaan dan semua yang kamu perjuangkan bisa berbuah manis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Chat DJ