Ketika mencari tanda-tanda kelelahan kerja, wajar untuk segera mempertimbangkan energi dan suasana hatimu selama jam kerja

oleh -311 views

Ketika mencari tanda-tanda kelelahan kerja, wajar untuk segera mempertimbangkan energi dan suasana hatimu selama jam kerja. Ketidakpuasan, kinerja pekerjaan yang menurun dan frustrasi yang meningkat di tempat kerja adalah indikator umum bahwa pekerjaan membuatmu stres di luar kemampuan untuk menghadapinya. Tentu, kita perlu untuk mengetahui tanda-tanda pasti bahwa kita mengalami kelelahan karena terlalu sibuk bekerja seperti berikut ini.

Kekelahan Fisik

Kelelahan fisik biasanya merupakan gejala pertama yang kita perhatikan. Merasa lelah sepanjang waktu dapat membawa kita ke dalam kondisi stres tambahan dan memicu banyak gejala lain. Jika dirimu yakin masalahnya hanya bersifat fisik, dapatkan bantuan medis karena ini mungkin merupakan tanda depresi, gangguan tidur, kekurangan nutrisi, atau masalah lain yang memerlukan perawatan profesional. Insomnia yang dipicu oleh stres juga bisa menjadi bagian dari masalah.

Menunda Kebutuhan Perawatan Diri

Salah satu tanda kelelahan kerja yang paling mudah dikenali adalah kesibukan. Terkadang, ini tampak seperti menyampaikan dengan bangga bahwa dirimu terlalu sibuk bekerja untuk istirahat makan siang. Di lain waktu, dirimu mungkin mengorbankan jam tidur dengan menunda waktu tidur untuk mengerjakan sebuah proyek atau mencoba mengejar tugas yang belum selesai.

Moody

Lingkungan kerja yang penuh tekanan sering kali memicu kegelisahan. Salah satu sinyal pasti dari tekanan emosional yang mungkin menyebabkan kelelahan kerja adalah ketika kita mendapati diri kita menyerang orang dan keadaan yang tidak secara langsung bertanggung jawab atas suasana hati kita. Rasa marah yang tidak bisa dijelaskan bisa jadi merupakan tanda kedua bahwa dirimu juga bergumul dengan tanda 1 dan 2.

728×90 Leaderbord

Kurang Fokus

Tanda-tanda kelelahan mental ini dapat disebabkan oleh beban fisik atau emosional serta pengabaian diri. Ini berarti jika dirimu sedang berjuang melawan kelelahan, seperti yang disebutkan di atas, dirimu kemungkinan besar juga akan mengalami gejala ini. Kurang fokus berarti membutuhkan lebih banyak energi untuk menyelesaikan tugas yang paling mendasar sekalipun. Merasa seperti dirimu tidak memiliki cukup waktu atau energi untuk melakukan apa yang perlu dilakukan adalah katalisator untuk kewalahan dan kelelahan.

Nah, berikut tadi beberapa tanda umum, bahwa dirimu sedang kelelahan karena beban pekerjaan. Tentunya, dirimu bisa mengambil cuti untuk beristirahat agar lebih produktif. Jangan lupa juga untuk menggunakan waktu istirahat makan siang untuk beristirahat dan bukan untuk bekerja.