Ketua DMI, H Muhammad Jusuf Kalla mengatakan umat Islam di seluruh Indonesia boleh melaksanakan salat tarawih di masjid selama Ramadan 1442 H

oleh -309 views

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), H Muhammad Jusuf Kalla mengatakan umat Islam di seluruh Indonesia boleh melaksanakan salat tarawih di masjid selama Ramadan 1442 Hijriah dengan tetap menaati protokol kesehatan secara ketat.

“Kita persilakan masjid di semua daerah dibuka, tetapi tetap dengan menjaga jarak,” kata Jusuf Kalla kepada wartawan seusai bersilaturahmi dengan gubernur dan jajaran Forkopimda Provinsi NTB di Mataram, Selasa (23/3/2021).

Seperti tahun lalu, pelaksanaan ibadah pada Ramadan tahun ini masih tetap dilakukan dalam situasi pandemi Covid-19. Namun, situasinya agak berbeda. Pada tahun sebelumnya, umat Islam dianjurkan beribadah di rumah, tetapi tahun ini pelaksanaannya bisa dilakukan di masjid.

Pada kesempatan itu, Jusuf Kalla kembali mengingatkan soal protokol kesehatan ekstra ketat yang harus diterapkan umat Islam, di antaranya menjaga jarak minimal 1 meter antarjemaah, memakai masker, membawa alat salat masing-masing, serta masjid wajib menyediakan fasilitas cuci tangan.

“Kalau ada jemaah tak pakai masker, suruh pakai masker dahulu, baru boleh masuk masjid, kemudian cuci tangan. Di semua pintu, ada pengurus masjid yang jaga. Ukur suhu,” ucapnya.