Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mendukung langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sedang menyelidiki dugaan korupsi dalam penyelenggaraan Formula E

oleh -277 views

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mendukung langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sedang menyelidiki dugaan korupsi dalam penyelenggaraan Formula E. Menurut Prasetio, sekecil apapun uang rakyat yang digunakan Pemprov DKI, harus bisa dipertanggungjawabkan.

“Sebagai Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta saya mendukung langkah KPK melakukan penyelidikan pada dugaan korupsi penyelenggaraan Formula E di Jakarta. Saya menekankan bahwa serupiah pun uang rakyat yang digunakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus bisa dipertanggungjawabkan,” ujar Prasetio kepada wartawan, Jumat (5/11/2021).

Prasetio meyakini KPK sebagai lembaga antirasuah pasti memiliki bukti-bukti permulaan yang kuat, sehingga laporan dari warga itu naik ke proses penyelidikan. Pihaknya akan menghormati proses hukum yang sedang berlangsung di KPK terkait Formula E.

“Selanjutnya, kita ikuti saja prosesnya apakah akan naik ke proses penyidikan atau seperti apa nantinya,” tandas dia.

Lebih lanjut, Prasetio mengatakan langkah KPK tersebut sejalan dengan kepentingan 33 anggota DPRD pengusul hak interpelasi Formula E. Menurut dia, bila KPK memproses pelanggaran hukum, maka DPRD DKI Jakarta menjalankan fungsi untuk mengawasi kerja pemerintah daerah.

“Dengan penyelidikan yang dilakukan KPK terhadap penyelenggaraan Formula E ini menguatkan bahwa niat kami di DPRD menggulirkan hak interpelasi sungguh-sungguh untuk kepentingan publik, bukan kepentingan politik,” pungkas Prasetio.

Diketahui, KPK, saat ini, sedang mengumpulkan bahan keterangan terkait dugaan korupsi dalam penyelenggaraan Formula E di Jakarta. Pengumpulan bahan keterangan itu dilakukan tim penyelidik dengan meminta keterangan dan klarifikasi terhadap sejumlah pihak terkait.

“Betul, KPK sedang meminta permintaan keterangan dan klarifikasi kepada beberapa pihak guna mengumpulkan bahan data dan keterangan atau pun informasi yang diperlukan oleh tim penyelidik,” kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (4/11/2021).

Proses pengumpulan bahan keterangan ini merupakan tindak lanjut dari informasi yang disampaikan masyarakat mengenai penyelenggaran Formula E di DKI Jakarta kepada KPK. Meski demikian, Ali belum dapat menyampaikan lebih jauh proses pengumpulan bahan keterangan tersebut.

“Karena masih proses awal pengumpulan bahan keterangan, maka materi penyelidikan tidak bisa kami sampaikan saat ini,” katanya.

Ali meminta publik terus mengawal kerja-kerja KPK dalam memberantas korupsi. “Kami meminta publik terus mengawal kerja-kerja KPK, sebagai unsur pengawasan sekaligus pendukung upaya-upaya pemberantasan korupsi,” pungkas Ali.

No More Posts Available.

No more pages to load.