Ketua PD F.SPBPU Riau Kunjungi Pekerja Bangunan dan Pengembang

Riau355 Dilihat

Ketua PD F.SPBPU Riau Kunjungi Pekerja Bangunan dan Pengembang

 

Dnewsradio.com – Pekanbaru –

Saat yang lain tengah menikmati libur panjang, Ketua Pimpinan Daerah Federasi Serikat Pekerja Bangunan dan Pekerjaan Umum – Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (PD F.SPBPU-K.SPSI) Provinsi Riau, malah berkeliling Kota Pekanbaru untuk menyambangi pekerja bangunan sekaligus melakukan kunjungan serta berdiskusi dengan beberapa pengembang atau pengawas yang berada di lokasi proyek.

 

Menurut Zulhamdan ST, Ketua PD F.SPBPU-K.SPSI Riau, tujuannya menyambangi pekerja bangunan serta mengunjungi pengembang ini sudah lama direncanakan. Namun baru sekarang bisa dilakukan.

 

“Kita ingin mensosialisasikan berbagai hal. Terhadap para pekerja bangunan kita tekankan tentang jaminan keselamatan kerja atau program BPJS Ketenagakerjaan, demikian pula dengan para pengembang,” kata Zulhamdan, Jumat (2/6/2023).

 

Menurut Zulhamdan, hasil dari kunjungan serta berdiskusi dengan para pengembang ini nantinya akan menjadi bahan pertimbangan pengurus PD F.SPBPU-K.SPSI Riau untuk menetapkan langkah-langkah konkrit lainnya sesuai program organisasi.

 

Dikatakan, sangat dipahami bahwa hingga saat ini banyak pekerja bangunan yang tidak memiliki jaminan keselamatan kerja sebagaimana program BPJS, demikian pula dengan sertifikasi kompetensi.

 

Selain itu, kita juga menemukan fakta bahwa banyak pekerja yang bekerja di berbagai lokasi proyek ada yang didatangkan dari luar daerah.

 

“Simpul-simpul ini harus kita urai agar tidak semakin kusut ke depan. Pekerja di Pekanbaru ataupun wilayah lainnya di Riau, atau istilahnya pekerja lokal mestinya mendapat perhatian lebih,” kata Zulhamdan.

 

Sebagaimana diketahui, PD F.SPBPU – K.SPSI Riau, saat ini sudah beranggota lebih kurang 1.700 orang. Mereka tersebar di berbagai Pimpinan Cabang F.SPBPU di kabupaten/kota di Riau.

 

Untuk meningkatkan perlindungan serta kualitas anggota, PD F.SPBPU Riau telah melakukan kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah agar para pekerja mendapat tempat tersendiri, baik itu terhadap perlindungan/jaminan kesehatan kerja, maupun program sertfikasi kompetensi.

 

“PD F.SPBPU – K.SPSI Riau, bahkan telah mendirikan koperasi yang nantinya bergerak dalam bidang simpan pinjam agar para anggota yang terdiri dari pekerja bangunan dan pekerjaan umum. Muaranya, kita berkeinginan agar mereka bisa memperoleh hak yang sama, misalnya dalam hal kredit kepemilikan rumah,” tutur Zulhamdan.

( JHarianja)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *