Kira-kira apa yang membuatMitsubishi Mirage lebih unggul daripada Porsche 718 Cayman T? Tentu saja bukan akselerasi

Kira-kira apa yang membuatMitsubishi Mirage lebih unggul daripada Porsche 718 Cayman T? Tentu saja bukan akselerasi

Otomatif51 Dilihat

Kira-kira apa yang membuatMitsubishi Mirage lebih unggul daripada Porsche 718 Cayman T? Tentu saja bukan akselerasi. Hal yang membuat  mobil ekonomis ini unggul mengalahkan mobil sport tersebut dalam hal respons mesin.

Dilansir dari Carscoops, Minggu (19/5/2024), hasil ini berasal dari studi baru oleh Car and Driver yang membandingkan waktu akselerasi 0-60 mph (0-96 km per jam) sebuah kendaraan dengan kinerjanya dalam tes 5-60 mph (8-96 km per jam).

Mereka mencatat metrik akselerasi yang terakhir untuk mengetahui saat berakselerasi. Biasanya, orang tidak menggunakan kontrol peluncuran atau menyalakan mesin, sebelum menekan pedal gas dan berangkat dari lampu hijau.

Saat melihat hasil uji coba 0-60 mph dan 5-60 mph, sebuah tren mengejutkan muncul. Mereka menemukan banyak kendaraan sebenarnya lebih lambat saat melaju daripada saat berhenti.

Performa terburuk dalam tes tersebut adalah Porsche 718 Cayman T manual 2020, yang dapat mencapai kecepatan jalan raya dalam 4,4 detik dari posisi berhenti, tetapi membutuhkan waktu 6,4 detik untuk mencapai kecepatan yang sama dari kecepatan 5 mph, atau 2 detik lebih lama.

Yang lebih mengejutkan lagi, Porsche bukan satu-satunya kendaraan sporty yang memiliki performa lebih buruk saat start dari posisi diam. BMW M235i xDrive Gran Coupe 2020 (+1,8 detik) dan Porsche Cayenne Coupe Turbo GT 2024 (+1,7 detik).  Dua kendaraan ini termasuk memiliki mesin kurang responsif atau lambat dalam tes 5-60 mph.

Secara umum, penelitian ini menemukan kendaraan dengan mesin turbocharger kesulitan dalam pengujian 5-60 mph, sehingga tes ini menjadi ukuran yang baik untuk mengetahui seberapa besar kelambatan yang bisa diharapkan pengemudi.  Bahkan kendaraan turbocharged dengan performa terbaik, seperti Hyundai Sonata N-Line 2021, lebih lambat 0,2 detik dari posisi diam.

Sebaliknya, kendaraan seperti Mitsubishi Mirage menunjukkan performa terbaik dalam tes ini. Meskipun mobil kecil ini hanya bisa mencapai 60 mph dalam 12,8 detik dari posisi berhenti, Mirage berhasil mencapai kecepatan tersebut 0,1 detik lebih cepat pada putaran 5-60 mph (12,7 detik).