KKI Tanggamus Gelar Ujian Kenaikan Tingkat (Kyu)

oleh -363 views

Tanggamus,–229 anggota Kushin Ryu M Karate Do Indonesia (KKI) dari 7 Dojo di Kabupaten Tanggamus ikuti Ujian Kenaikan Tingkat (Kyu) di Lapangan Pemerintah Kabupaten setempat, Minggu (29/11/2020).

Ujian kenaikan tingkat yang berlangsung selama satu hari itu dibuka langsung oleh Ketua Umum KKI Tanggamus pada pukul 08.00 WIB dan ditutup pada pukul 15.00 WIB ditandai dengan upacara pembukaan dan penutupan, dengan protokol kesehatan ketat.

Ketua Pelaksana Kegiatan Martinus Bono Suseno mengatakan, pada ujian kenaikan tingkat atau sabuk di Kabupaten Tanggamus diikuti oleh 229 peserta dari 7 Dojo yang tersebar di seluruh Kabupaten Tanggamus.

“7 Dojo tersebut yakni dari di Kecamatan Talang Padang, Kotaagung, Kotaagung Timur, Pulau Panggung, Tim EKC, Sumberrejo dan Gisting,” kata Martinus.

Martinus mengungkapkan, ujian kenaikan tingkat (Kyu) mulai dari sabuk putih hingga sabuk coklat tersebut juga dihadiri oleh Ketua Dewan Guru KKI Lampung bersama tim sebagai penguji.

“Untuk tim penguji sendiri berasal dari Provinsi Lampung dan Kabupaten Tanggamus, yaitu 5 orang tim penguji Provinsi dan 7 orang penguji dari Kabupaten Tanggamus,” ungkapnya.

Adapun peserta ujian kenaikan tingkat pada pelaksanaan tahun 2020 di Kabupaten Tanggamus, lanjut Martinus, terdiri dari 6 tingkatan sabuk.

728×90 Leaderbord

“Rincian pesertanya, sabuk putih ke kuning 75 peserta, sabuk kuning ke hijau 57 peserta, sabuk hijau ke biru muda 30 peserta, sabuk biru muda ke biru tua 42 peserta, sabuk biru tua ke coklat muda 16 peserta, dan sabuk coklat muda ke coklat tua 9 peserta,” terang Ketua Pelaksana sekaligus sebagai tim penguji tersebut.

Lalu disampaikan Ketua Dewan Guru KKI Lampung, Dwi Yanto yang sekaligus sebagai Ketua Tim Penguji, Kabupaten Tanggamus merupakan peringkat ke dua terbanyak setelah Provinsi Lampung dalam pelaksanaan ujian kenaikan tingkat pada tahun 2020.

“Sebelumnya, Kota Bumi tahun sebelumnya ada seratus tiga puluhan peserta. Sementara di Tanggamus, baru kali ini mengadakan sudah mencapai 229 peserta, jadi Tanggamus bisa dikatakan terbesar ke dua di Lampung,” ujarnya.

Dwi Yanto mengaku, melihat dari jumlah peserta, KKI di Kabupaten Tanggamus prospek kedepannya cukup bagus, dan kepengurusannya pun cukup solid.

“Mereka tidak mengedepankan egonya masing-masing, sehingga dilihat dari prestasi dan peningkatan peserta Tanggamus cukup membanggakan dan kemajuannya cukup pesat,” ungkap Dwi.

Sementara dalam sambutannya, Ketua Umum KKI Kabupaten Tanggamus, Ristika Trianita menyampaikan ungkapan terima kasih kepada semua pihak termasuk orang tua peserta, yang telah ikut dalam mensukseskan kegiatan ujian Kyu tersebut.

“Semoga yang lulus dalam ujian dapat menambah ilmu serta semangat lagi dalam meraih prestasi, dan bagi yang belum lulus lebih giat lagi berlatih dan jangan berkecil hati, tetap semangat dan teruslah berjuang sampai lulus ketingkat selanjutnya pada ujian Kyu mendatang,” ungkapnya.

Ristika berharap, kegiatan hari ini dapat memperkaya diri dari segi ilmu pengetahuan dan materi yang benar dalam melakukan gerakan, dan harus cepat berfikir dan bertindak.

“Semakin tinggi sabuk, bisa menjadi pengendali sikap bisa menjadi lebih baik dari sekarang, karate bukan hanya sekedar bisa memukul dan menendang tapi lebih kepada unsur kelakuannya, disiplin, berani, berjiwa tabah dan utama berketuhanan yang maha Esa, serta dapat mengikuti aturan, baik kepada guru, orang tua dan masyarakat,” harapnya.