KOARMADA III DAN JAJARAN GELAR SERBUAN VAKSINASI TNI DI WILAYAH MALUKU DAN MALUKU UTARA SERTA PAPUA DAN PAPUA BARAT

oleh -103 views

 

Dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19, Komando Armada (Koarmada) III dan jajaran (Guspurla, Guskamla, Lantamal IX, Lantamal X, Lantamal XI, dan Lantamal XIV, serta Lanal jajaran) menggelar Serbuan Vaksinasi TNI secara serentak dan masif di wilayah Maluku dan Maluku Utara serta Papua dan Papua Barat.

Khusus Satuan TNI Angkatan Laut wilayah Sorong (Komando Armada III, Lantamal XIV, dan Pasmar 3), Serbuan Vaksinasi Covid-19 terhadap masyarakat yang berdomisili di pulau-pulau kecil Papua Barat. Serbuan vaksinasi ini dipusatkan di Kampung Bahari Nusantara Pulau Soop, Distrik Sorong Kepulauan, Papua Barat, Sabtu (17/7/2021) dan akan digelar selama dua hari.

Serbuan Vaksinasi TNI di Pulau Soop, Tenaga kesehatan termasuk Vaksinator menyerbu menggunakan KAL Badai, KAL Pintar, dan tiga unit Sea Rider berangkat dari Dermaga Lantamal XIV Sorong.

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., bersama Komandan Lantamal XIV Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E., Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi, dan beberapa pejabat Forkopimda Kota Sorong meninjau Serbuan Vaksinasi TNI di Pulau Soop. Serbuan vaksinasi Covid-19 di pulau ini didukung 50 orang tenaga vaksinator dengan target 500 orang yang divaksin di pulau tersebut.

Menurut Pangkoarmada III bahwa sesuai perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dan arahan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E, M.M., Koarmada III akan terus melaksanakan serbuan vaksinasi Covid-19 di daerah yang sulit terjangkau. Kali ini kita laksanakan di Pulau Soop dan pulau-pulau sekitarnya.

“Tantangannya antara lain belum ada transportasi dan aliran listik yang masuk serta jalan kampung belum terkoneksi dengan baik, sehingga transportasi belum ada, sehingga masyarakat yang akan mengikuti vaksin kita antar jemput menggunakan roda tiga,” ujarnya.

Pangkoarmada III menjelaskan, Pulau Soop merupakan salah satu Kampung Bahari Nusantara yang sudah dibina oleh Koarmada III, sehingga animo masyarakat mengikuti vaksin cukup tinggi. “Selanjutnya, Koarmada III berkoordinasi dengan satuan TNI lainnya dan Polri serta Pemerintah Daerah untuk melaksanakan vaksin bagi masyarakat yang belum vaksin,” ujarnya.

Sementara itu, Guspurla dan Guskamla menggelar vaksinasi di pulau-pulau kecil dan terpencil, Lantamal IX menggelar vaksinasi di Ambon, Lantamal X menggelar vaksinasi di Jayapura, Lantamal XI menggelar vaksinasi di Merauke, dan Lanal jajaran di wilayah kerja masing-masing.

Dalam rangka mensukseskan perhelatan tersebut, para prajurit Koarmada III dan jajaran mempersiapkan tempat, sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung yang dibutuhkan termasuk sarana angkut atau transportasi tenaga kesehatan dan masyarakat dari pulau ke pulau.
Kadispen Koarmada III, Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

No More Posts Available.

No more pages to load.