Koarmada III Gelar Simulasi Pengamanan VVIP di Sorong

oleh -88 views

 

Komando Armada (Koarmada) III dan jajaran menyelenggarakan Latihan Pengamanan Very Very Important Person (VVIP) aspek laut selama sepuluh hari di wilayah Kota Sorong, Provinsi Papua Barat dan berakhir Rabu (19/10/2021).

Latihan pengamanan VVIP ini melibatkan sejumlah Alutsista antara lain Kapal Perang RI satu unit, Kapal Angkatan Laut satu unit, Patkamla dua unit, Sea Rider dua unit dan ratusan prajurit. Pelaksanaan latihan dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap pertama pembekalan, tahap kedua driil teknis dan taktis serta tahap ketiga manuvra lapangan tanggal 19 Oktober 2021 dengan melaksanakan skenario secara utuh.

Materi latihan antara lain pengetahuan tentang VVIP dan prosedur pengamanannya, evakuasi darurat, pengamanan area pesisir dan pelabuhan, evakuasi medik, dan kesehatan lapangan atau P3K.

Latihan tersebut ditutup dengan briefing akhir oleh Pangkoarmada III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., yang disampaikan secara tertulis dan dibacakan Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., M.H., kepada pelaku latihan di gedung serbaguna Lantamal XIV Jln. Bubara No. 1 Kota Sorong, Rabu (19/10/2021).

Latihan pengamanan VVIP Koarmada III ini pada hakikatnya bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan prajurit Koarmada III dan Lantamal XIV agar memiliki kemampuan dan keterampilan yang handal dalam melaksanakan tugas pengamanan VVIP. Sasaran pelatihan yang ingin dicapai antara lain, terwujudnya kemampuan melaksanakan dukungan fasilitas dan pengamanan di KRI on board VVIP, kemampuan melaksanakan penyekatan, pengawasan dan pengamanan KRI on board VVIP.

Kemudian, kemampuan melaksanakan penyelamatan taktis dan medis beserta sarana/prasarana berupa unsur tugas angkut, unsur tugas kawal, rumah sakit rujukan, dan dukungan lainnya sesuai standar VVIP (on board KRI) serta safe area.

Briefing akhir dihadiri Inspektur Koarmada III Laksma TNI Dr. Toto Dwijaya Saputra, S.T., M.Si.,(Han).,Kapok Sahli Pangkoarmada III Laksma TNI Endra Sulistiyono, S.E., M.M., Komandan Lantamal XIV Sorong Laksma TNI Imam Musani, S.E., M.Si., M.Tr.(Opsla)., para Asisten Pangkoarmada III, dan Komandan Satuan Koarmada III.
Kadispen Koarmada III, Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

No More Posts Available.

No more pages to load.