Koarmada III Lanjutkan Serbuan Vaksinasi Covid-19 Masyarakat Pesisir di Wilayah Sorong

oleh -222 views

 

Satuan TNI Angkatan Laut wilayah Sorong (Komando Armada III, Lantamal XIV, dan Pasmar 3), kembali melanjutkan Serbuan Vaksin Covid-19 bagi masyarakat maritim, yang digelar di Tempat Pelelangan Ikan Katapop Pantai, Kelurahan Katinim, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Kamis (15/7/2021).

Sebelumnya, Satuan TNI AL wilayah Sorong telah melaksanakan serbuan vaksin Covid-19 di TPI Jembatan Puri, Klademak, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat tanggal 6 – 7 Juli 2021 dengan hasil 1.075 orang tervaksin.

Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla., bersama Komandan Lantamal XIV Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E., Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi, dan beberapa pejabat Forkopimda Kabupaten Sorong meninjau kegiatan ini di TPI Katapop Pantai, Kelurahan Katinim, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong. Serbuan vaksinasi Covid-19 ini didukung 50 orang tenaga vaksinator dengan target 500 orang yang divaksin di lokasi tersebut.

Menurut Pangkoarmada III bahwa serbuan Vaksin Covid-19 akan diperluas di pelabuhan perintis, kampung nelayan atau Kampung Bahari Nusantara. Gelombang serbuan juga akan dilancarkan terhadap masyarakat yang berdomisil di pulau-pulau kecil yang tidak dapat dijangkau transportasi darat dan udara.

“Gelombang serbuan juga akan dilancarkan terhadap masyarakat yang berdomisil di pulau-pulau kecil, yang tidak dapat dijangkau transportasi darat dan udara, antara lain Pulau Soop, Papua Barat” ungkap Pangkoarmada III, saat ditemui di lokasi pelaksanaan vaksinasi, Katapop Pantai,

Serbuan vaksin masyarakat maritim, kata Pangkoarmada III merupakan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dalam upaya TNI AL mendukung dan mensukseskan program vaksinasi nasional yaitu 2 juta vaksin perhari yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo.

Ditambahkan Irvansyah, sejalan dengan program dan strategi nasional dalam penanggulangan penyebaran Covid-19 yaitu penerapan PPKM, PPKM Mikro dan serbuan vaksinasi, maka Koarmada III dan jajaran bekerja sama dengan satuan TNI lainnya, Polri dan Pemerintah Daerah, juga melaksanakan pemantauan dan penertiban penerapan prokes COVID-19 di beberapa tempat antara lain pelabuhan, tempat-tempat keramaian, TPI dan masyarakat nelayan.

“Koarmada III juga mengerahkan 73 Babinpotmar, untuk mengedukasi masyarakat dan melaksanakan tugas penegak prokes, penyekatan dan tracer,” tandasnya,” tegasnya

Sebelumnya, serbuan vaksinasi ke pulau kecil antara lain dilancarkan Guspurla Koarmada III bersinergi Lanal Ternate, dan Dinas Kesehatan Kota Ternate di Pulau Moti, Maluku Utara dengan mengerahkan KRI Kakap-811, personel Lanal Ternate 10 orang, dan tenaga kesehatan Dinkes Kota Ternate 12 orang, dan berhasil melaksanakan vaksin terhadap 150 warga Pulau Moti.

Sementara itu, serbuan vaksinasi Covid-19 masyarakat maritim yang digelar Lantamal IX di Lapangan Merdeka dan Dermaga ASDP Kota Ambon mencapai 3.972 orang tervaksin. Serbuan yang sama juga dilancarkan Lantamal X di rumah sakit TNI AL dr. Sardadi dan BP Amfibi, Kampung Nelayan Enggros, PP Hamidi, Kampung Baru Nelayan, Kampung Asei Besar Sentani mencapai 2.895 orang tervaksin.

Sedangkan Lantamal XI Merauke menggelar serbuan vaksin covid-19 di terminal umum Pelabuhan Merauke tervaksin 535 orang. Lanal Timika juga melancarkan serbuan vaksin Covid-19 tahap pertama kepada masyarakat maritim yang diselenggarakan di dermaga PP Mimika dengan hasil tervaksin 611 orang.

No More Posts Available.

No more pages to load.