Kodiklatal Adakan Rapid Test Bagi Seluruh Anggotanya

oleh -226 views

 

Surabaya, 05 Januari 2021 Dalam rangka menghadapi penyebaran Covid-19, berbagai cara dilakukan oleh Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal). Kali ini Kodiklatal mengadakan Rapid test bagi seluruh prajurit dan PNS di depan Gedung Mulyadi, Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya (05/01).
Kegiatan tersebut, melibatkan puluhan perseonel dari Satuan Kesehatan (Satkes) Kodiklatal dan Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) Kodiklatal. Danpusdikkes Kolonel Laut (K) Ketut Triwanto,Sp. Ort. selaku Dansatgas Penanganan Covid-19 di Kodiklatal turun langsung ke lapangan untuk mengendalikan kegiatan agar berjalan lancar.
Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat didampingi Wadan Kodiklatal Brigjen TNI Mar Lukman,S.T., M.Si (Han) beserta para pejabat utama Kodiklatal lainnya turut meninjau kegiatan tersebut. Beberapa pejabat yang belum melaksanakan rapid test, juga mengikuti Rapid test tersebut.
Rapid test dilaksanakn untuk mengetahui sejauh mana kondisi personel Kodiklatal, pasca libur panjang akhir tahun selama empat hari. Walaupun sejak awal mereka dianjurkan untuk tidak bepergian keluar rumah, namun karena ada beberapa dari mereka yang tinggal di luar kota maka untuk memastikan keamanan bersama diadakan rapid test massal.
Satgas penanganan Covid-19 Kodiklatal beberapa waktu telah menerima ribuan alat rapid test dari pemerintah, dan telah digunakan untuk rapid test siswa dan pelatih secara periodik di Kodikopsla, Kodikmar, Kodikdukum dan Puslatdiksarmil.
Pelaksanaan repid test mengacu pada protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, yaitu : menggunakan masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun serta menjaga jarak. Selain itu, para petugas medis juga menggunakan APD secara lengkap.