KOLINLAMIL BANGUN MONUMEN LAKSAMANA NALA TELADANI NILAI-NILAI PERJUANGAN

oleh -114 views

 

Jakarta, 25 Juni 2021,Satya Wira Jala Dharma. Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Irvansyah meletakan batu pertama pembangunan monumen Laksamana Nala yang berada di lingkungan Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (25/6).

Monumen yang memiliki tinggi lebih dari 3 meter ini, dibentuk patung sebagai sosok Laksamana Nala dengan posisi berdiri gagah dengan tangan kanan menunjuk kedepan sebagai simbol perintah dan tangan kiri memegang senjata pedang.

Patung Laksamana Nala berdiri diatas prasasti yang bertuliskan semboyan Ikuti jejakku, Bangun Lautmu, Jaya Bangsamu.

Tercatat dalam sejarah kerajaan Majapahit, Laksamana Nala yang memiliki julukan “Jaladhimantri Nala” mendapat perintah dari Raja Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajah Mada untuk menyiapkan armada laut kerajaan majapahit yang kuat. Setelah menerima perintah tersebut, pada tahun 1334 Armada Laut Laksamana Nala menaklukan kerajaan Bali yang meliputi Kangen, Nusa Tenggara dan sebagian Sulawesi.

Tahun 1350 Armada laut kerajaan Majapahit menuju utara untuk menaklukan kerajaan Samudera Pasai, dan tahun 1377 Armada Laut Majapahit menduduki Tumasik yang merupakan jalur kunci pelayaran di Asia Tenggara. Dengan demikian wilayah kekuasaan kerajaan Majapahit sudah meliputi seluruh Nusantara termasuk Semenanjung Malaya, Borneo Utara dan Timor Timur.

Panglima Kolinlamil mengatakan keberhasilan Laksamana Nala dalam menyatukan wilayah Nusantara dibawah Majapahit tidak terlepas dari keteladanan Laksamana Nala yang seorang patriot tangguh, mempunyai semangat juang yang tinggi, kemauan yang keras, naluri tempur yang tinggi, berani berjuang membela dan menegakkan integritas tanah air seutuhnya.

“Jadi keteladanan Laksamana Nala dalam memperjuangkan bersatunya nusantara dimasa kerajaan Majapahit dapat kita ambil nilai-nilai kejuangannya dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada Negara melalui TNI AL” ujar Laksda TNI Irvansyah yang akan segera menempati jabatan sebagai Panglima Koarmada III.

Dikatakan Panglima Kolinlamil pada acara tersebut bahwa pembangunan monumen ini merupakan apresiasi sebagai bentuk mengenang jasa dan pengabdian Laksamana Nala kepada negaranya.

“Dengan kehadiran monumen ini tentunya dapat diharapkan dapat menggelorakan jiwa perjuangan kemaritiman generasi penerus agar mereka tidak kehilangan karakter dan jati dirinya sebagai bangsa maritim yang besar”, tegas Laksda TNI Irvansyah.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Staf Kolinlamil, Irkolinlamil, para Asisten, Komandan Denmako Kolinlamil, Komandan Satlinlamil 1 Jakarta, Kasatker/Kadis dan para Komandan KRI yang berada di pangkalan Jakarta. (Dispen Kolinlamil).

No More Posts Available.

No more pages to load.