KOLINLAMIL GELAR PASUKAN LATIHAN OPERASI PENDARATAN ADMINISTRASI 2021

oleh -117 views

 

Jakarta, 7 April 2021 ,Satya Wira Jala Dharma. Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Irvansyah sebagai Panglima Kogasgabratmin memimpin apel gelar pasukan Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin).

Apel tersebut dalam rangka rangkaian Latihan Operasi Pendaratan Administrasi tahun 2021 di Lapangan Mulyono Silam, Dermaga Kolinlamil, Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Rabu (7/4).

Apel gelar pasukan ini melibatkan seluruh unsur yang ada untuk mengukur kesiapan alutsista maupun prajurit. Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin).

Pihak yang terlibat dalam latihan tersebut terdiri dari 4 KRI unsur Angkut Kolinlamil (KRI Teluk Bintuni 520, KRI Teluk Lampung 540, KRI Amboina 503, KRI Mentawai 959) dalam Latihan Operasi Pendaratan Administrasi TA 2021, 1 dari Koarmada 1 (KRI Halasan 630), 1 dari Puspenerbal (Heli Bell HU-4206), Korps Marinir sebagai Satggasrat (100 personil) dan dari instansi lain yaitu KN Alugoro, Kapal Patroli 28 (KPLP) dan BC-8004, Kapal Patroli 28 M (Bea Cukai).

Kolinlamil Sebagai bagian integral TNI/TNI AL merupakan komponen utama dalam penyelenggaraan pertahanan negara di laut. Latopsratmin tahun 2020 salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan personel dalam rangka hadapi Operasi Militer Perang (OMP) dalam operasi gabungan TNI.

Panglima Kolinlamil mengatakan tujuan latihan ini untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dan kesiapan operasional satuan-satuan TNI AL dalam melaksanakan Opsratmin guna mendukung Operasi Gabungan TNI.

“Latihan ini untuk menyamakan persepsi dan pemahaman antar prajurit dalam melaksanakan opsratmin, terjalinnya koordinasi dan kerjasama antar angkatan /satuan yang terkait dalam opsratmin dan terujinya doktrin opsratmin, khusus tahun ini melibatkan kapal instansi KPLP dan Bea Cukai karena sesuai dengan salah satu tugas pokok Kolinlamil sebagai Pembina potensi angkutan laut nasional untuk kepentingan pertahanan Negara berdasarkan Perpres 66 tahun 2019” terang Panglima Kolinlamil.

“Komando Lintas Laut Militer Menyelenggarakan Latihan Operasi Pendaratan Administrasi Tahun 2021 Di Surabaya Dan Dabo Singkep Dalam Rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut” merupakan tema latihan opsratmin tahun 2021 yang menggunakan metode gladi posko dan manuvra lapangan.

Latihan ini juga merupakan salah satu dari prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. tentang penyelarasan doktrin, operasi, latihan dan sistem pendidikan TNI AL.

Tahap dalam latihan yang melibatkan 784 prajurit TNI AL ini mulai dari embarkasi personel dan material, pertahanan pangkalan. Kemudian saat lintas laut melaksanakan latihan prosedur keluar pelabuhan, melewati medan ranjau, pembentukan tabir, isyarat bendera, manuver taktis, pendekatan RAS, isyarat lampu bidik, pertahanan udara dan prosedur memasuki daerah sasaran.

Tahapan akhir latihan meliputi prosedur awal debarkasi, debarkasi personel dan material serta prosedur alih komando pengendalian. Selesai apel gelar pasukan Kogasratmin, Pangkolinlamil melaksanakan inspeksi unsur-unsur yang terlibat. (Dispen Kolinlamil).

No More Posts Available.

No more pages to load.