KOLINLAMIL GELAR PENATARAN KEMAMPUAN POTENSI MARITIM 2021

oleh -186 views

 

Jakarta, 6 April 2021,Satya Wira Jala Dharma. Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) menggelar penataran kemampuan potensi maritim tahun 2021 di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (6/4).

Acara yang dibuka Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan ini akan berlangsung selama empat hari (6 – 9 April). Dan diikuti oleh 81 prajurit dari berbagai satuan kerja di Kolinlamil.

Kegiatan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, sebagai pembuka rangkaian acara. Dilanjutkan dengan pembacaan doa, yang dilanjutkan sambutan dari Kepala Staf Kolinlamil. Sebelum sesi foto bersama, dilaksanakan pemasangan tanda peserta penataran oleh Kepala Staf Kolinlamil, kepada perwakilan peserta Tarpuanpotmar Kolinlamil tahun 2021.

Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan mengatakan acara pembukaan ini merupakan simbolisasi formal dimulainya kegiatan penataran kemampuan potensi maritim (Tarpuanpotmar) Kolinlamil 2021.

“Sebagai Kotama Operasi (Kotamaops), Kolinlamil menyelenggarakan operasi angkutan laut TNI baik dalam rangka Operasi Militer untuk Perang (0MP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP) serta bantuan angkutan laut. Sedangkan sebagai kotama pembinaan, Kolinlamil juga sebagai pembina potensi Angkutan Laut Nasional guna kepentingan pertahanan dan keamanan negara di Iaut.,” jelas Kepala Staf Kolinlamil dalam sambutan tertulisnya.

“Tarpuanpotmar ini adalah suatu upaya Kolinlamil untuk meningkatkan kemampuan dan kreatifitas prajurit dalam melaksanakan pembinaan potensi maritim terutama angkutan laut nasional (anglanas), sekaligus untuk meningkatkan kemampuan komunikasi prajurit dengan instansi terkait maupun dengan masyarakat,” sambungnya.

Kaskolinlamil juga menambahkan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas sumber daya para prajurit sebagai salah satu upaya memberikan pemahaman dan mensinergikan program kerja dalam rangka terwujudnya pertahanan maritim yang kuat dalam rangka mendukung Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Hal ini sejalan dengan tema yang diusung Tarpuanpotmar Kolinlamil 2021, “Dengan Penataran Kemampuan Potensi Maritim, Kita Tingkatkan Kemampuan Personel Kolinlamil Guna Mewujudkan Indonesia Menuju Poros Maritim Dunia”
Dengan berbagai materi dan praktek yang akan diterima para peserta, akan terbentuknya pemahaman dan kemampuan potensi angkutan laut nasional yang lebih baik, sehingga mampu menjalankan tugas dalam pembinaan angkutan laut nasional yang pada akhirnya dapat mendukung kepentingan tugas TNI Angkatan Laut.

Kegiatan dalam penataran ini menggunakan metode ceramah dan diskusi serta praktek lapangan, sehingga diharapkan akan tercapai hasil yang maksimal. (Dispen Kolinlamil).♦

No More Posts Available.

No more pages to load.